IBL

Tim Nasional Basket Indonesia menang besar di hari keempat gelaran SEA Games 2017 Malaysia, Rabu (23/8/2017). Bertanding di GOR Maba Kuala Lumpur Malaysia, tim putra menghancurkan Kamboja, 112-70, sedangkan tim putri Indonesia menang 91-38 atas Vietnam.

Tim putra Indonesia yang menang besar atas Kamboja dengan skor 112-70. Hasil tiga kemenangan yang dikumpulkan Indonesia membuat tiket semifinal semakin aman. Kini Indonesia tinggal mengamankan satu kemenangan lagi yaitu menghadapi Laos (24/8/2017) untuk bisa menjadi juara grup B.

Saat melawan Kamboja, kepala pelatih Wahyu Widayat Jatim ingin memaksimalkan peran big man. Selain itu, ia juga memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk unjuk kebolehan. Hasilnya sangat baik, Indonesia menguasai area lubang kunci dengan mencetak 60 poin di area tersebut. Dua big man muda Indonesia, Vincent Rivaldi Kosasih dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus mencetak double-double. Vincent dengan 25 poin dan 13 rebound, sedangkan Kevin menghasilkan 17 poin dan 10 rebound. Pemain lain yang juga tampil luar biasa adalah Andakara Prastawa Dhyaksa (16 poin), lalu Sandy Febiansyakh Kurniawan dan Christian Ronaldo Sitepu masing-masing menyumbang 10 poin.

Di sektor putri, pasca kekalahan menyakitkan atas Malaysia, kemarin (22/8/2017), tim putri Indonesia bangkit dan meraih kemenangan. Kali ini yang menjadi lawannya adalah Vietnam. Indonesia benar-benar tidak memberikan kesempatan pada Vietnam untuk mengembangkan permainan. Bahkan di kuarter ketiga, Vietnam hanya bisa mencetak enam poin saja.

Indonesia unggul dari segala sisi, baik akurasi tembakan maupun pertarungan di dalam area lubang kunci. Barisan bangku cadangan Indonesia juga tampil baik dengan menyumbangkan 58 poin. Datang dari banku cadangan, Mariam Ulfah justru jadi pencetak poin terbanyak dengan 15 poin. Lima tembakan tiga angkanya tepat sasaran. Sementara itu pemain lain yang mencetak poin cukup banyak yaitu Kadek Pratita Citta Dewi dan Natasha Debby Christaline yang masing-masing mengemas 13 poin. Lalu ada Regita Pramesti (12 poin) dan Yuni Anggraeni (10 poin).

Tim putri Indonesia menduduki puncak klasemen dengan tujuh poin. Namun posisi ini masih belum aman. Indonesia sudah menjalani empat pertandingan dengan tiga kali menang dan sekali kalah. Berikutnya Indonesia berhadapan dengan Thailand (25/8/2017) dan Singapura (26/8/2017).

Foto: Mei Linda

Komentar