IBL

Pemain CBA (Chinese Basketball Association) All-Star, Guo Ailun menjadi pemain pertama asal Tiongkok yang menandatangani kontrak kerjasama dengan merek Jordan. Kesepakatan kerjasama ini membuat mimpi Guo menjadi kenyataan.

Kita tahu bahwa Michael Jordan merupakan bintang dari semua bintang basket. Salah satu warisannya adalah merek Jordan yang merupakan anak perusahaan dari Nike Inc. Sepatu-sepatu bermerek Jordan menguasai pasar basket di Amerika Serikat kala itu. Tetapi baru pada era 1997-98, Jordan benar-benar menguasai pasar global dan masuk ke Asia dengan peluncuran Air Jordan XIII.

Pasar Asia sangat menarik bagi Jordan. Tetapi hingga dekade terakhir belum ada pebasket Asia yang bekerjasama dengan mereka. Hingga akhirnya, Guo Ailun berhasil mendapatkan kesempatan emas tersebut. Guo sebenarnya sudah menjadi dapukan dari merek olahraga Tiongkok, Li-Ning. Selama empat musim kompetisi CBA, Guo selalu setia memakai Li-Ning.

Perjanjian sponsor antara Guo dan Li-Ning berakhir tahun ini. Oleh karena itu, Jordan langsung menawarkan kesepakatan kerjasama dengannya. Menurut espn.com, Guo akan menerima bayaran senilai tiga juta dolar Amerika Serikat per tahun. Ia juga akan mendapatkan sepatu khas (signature) sendiri. Diharapkan, sepatu itu bisa mendukung permainan point guard Liaoning Flying Leopards itu.

HHH

"Jordan ingin pemain yang punya daya tarik tersendiri untuk memasarkan produknya di Tiongkok," kata seorang sumber yang dekat dengan Guo. "Sama seperti pemain di NBA, Guo punya reputasi yang baik di dalam maupun di luar lapangan. Gaya rambutnya khas, dia juga berpakaian rapi."

Guo Ailun menjadi pemain yang cukup disegani di Tiongkok. Poin guard dengan tinggi 1,93 meter itu tiga kali menjadi CBA All-Star. Dia juga berhasil mempersembahkan medali emas untuk Tiongkok di ajang FIBA Asia Championship di tahun 2015. Musim terakhirnya bersama Lioning, ia mencetak 11,0 poin, 3,3 asis dan 2,0 rebound per pertandingan. Akurasi tembakan Guo mencapai 45 persen.

"Pertama kali melihat sepatu Jordan ada di kartun Jepang berjudul Slam Dunk. Salah satu karakternya memakai Air Jordan 1. Sejak saat itu, saya mencintai Jordan," ucap Guo, seperti dilansir espn.com. "Ketika saya bermain basket, saya melihat sepatu Jordan di televisi. Pada saat itu saya tidak mampu membelinya, jadi saya selalu iri dengan pemain lain yang punya sepatu Jordan. Kini saya punya Jordan saya sendiri dan mimpi saya sekarang jadi kenyataan."

hhaja

Foto: slamonline, mashable

Komentar