IBL

Turnamen Piala Walikota Surabaya akan segera bergulir kembali. Di gelaran tahun 2017 ini, akan bersaing delapan kontestan. Tak tanggung-tanggung, akan ada setidaknya 30 pemain asing yang tersebar di tim-tim peserta. Mereka akan membuat persaingan turnamen ini semakin sengit.

Turnamen ini akan digulirkan mulai 20 hingga 26 Agustus 2017. Semua pertandingan akan berlangsung di GOR Pacific Caesar Surabaya. Delapan tim peserta yang akan bersaing antara lain D-Mix, Mahameru, Pacific Caesar Surabaya, Mawar Sharon Eagles, Warriors Makassar, BBM, Yayasan CLS Surabaya dan CLS Knights Surabaya. Di babak penyisihan, mereka akan dibagi menjadi dua grup.

pembagian grup

Pada edisi kali ini, jumlah peserta memang menurun. Hanya saja, melihat kualitas tim-tim yang bertanding, tentu akan bisa menghadirkan suguhan yang menarik. Lihat saja di roster tim, banyak pemain profesional yang akan tampil.

Juara bertahan Mawar Sharon Eagles membuat kejutan. Tim juara Piala Walikota Surabaya 2016 lalu kembali memanggil shooter tajam asal Latvia, Reinis Strupovics. Ia juga jadi faktor penentu Eagles meraih juara tahun lalu. Reinis sangat tajam dalam hal akurasi tembakan jarak jauh. Dalam roster Eagles juga ada Best Foreign Player of the Year IBL 2016, Gary Jacobs Jr.. Mereka berdua akan bahu membahu dengan delapan pemain asing lainnya untuk mempertahankan gelar juara Piala Walikota Surabaya.

Berikutnya ada beberapa pemain profesional Indonesia di tim D-Mix, antara lain Alkristian Candra, Wendha Wijaya, Handri Satrya Santosa, Widyanta Putra Tedja, Fandi Andika Ramadhani. Tim ini juga diperkuat oleh pemain asing IBL 2016, Jarron Crump, Kevin Loiselle dan Dior Lowhorn.

Skuad Pacific Caesar juga tak kalah mewah. Mereka kembali memanggil David Vincent Seagers. Selain itu ada tiga pemain asing lainnya yaitu Davis Ephrem Manuel, Travis Shane Elliot dan Chis Hooper.

Sementara itu, tim CLS Knights Surabaya kabarnya juga akan menjalani turnamen perpisahan atau turnamen terakhir mereka. Namun kali ini mereka dibantu enam pemain asing. Mereka yaitu Tyrell Jabar Corbin, Willard Vincent "Duke" Crews Jr., Rudy Jr. Briones Lingganay, Leonidez Zapata Avenido, Kenneth Dale Pascual Acibar dan Asthton Smith.

"Tahun ini yang berbeda yaitu jumlah pemain asing. Awalnya kami kaget karena jumlah pemain asing mencapai 30 pemain asing," kata ketua panitia, Ragil Al Rasyid.

Ada satu pemain yang ternyata tidak jadi bermain di Piala Walikota 2017. Dia adalah Jamarr Andre Johnson. Panitia terpaksa tidak memasukkan namanya dalam roster tim manapun. Ini lantaran Jamarr didaftarkan oleh dua tim.

"Jamarr didaftarkan oleh dua tim. Masing-masing tim memiliki bukti yang kuat dengan adanya kontrak. Jadi kami terpaksa untuk menggugurkan Jamarr. Ini karena kami tidak ingin hanya karena masalah ini, terjadi perselisihan antar anggota Perbasi Surabaya," ucap ketua Perbasi Surabaya, Evi Ekawati.

Lebih jauh, Evi mengatakan pihaknya memang tidak menduga bila terjadi ledakan pemain asing di turnamen kali ini. Sebab memang peraturannya tidak dirubah dari tahun lalu. Panitia tidak membatasi jumlah pemain asing. Tetapi malah jumlahnya dinilai terlalu banyak.

"Memang betul, kami juga belajar dari penyelenggaraan tahun ini. Kami juga ingin agar pemain lokal bisa punya jam terbang di turnamen ini. Tetapi tim-tim juga ingin menambah kekuatan dengan mendatangkan pemain asing. Kami belajar dari hal tersebut, dan kami ingin penyelenggaraan selanjutnya bisa lebih baik," kata Evi. "Tetapi pada dasarnya, kami ingin Piala Walikota kali ini bisa lebih meriah dan persaingan lebih ketat lagi."

Berikut jadwal pertandingan di babak penyisihan grup, sekaligus roster lengkap Piala Walikota Surabaya 2017;

Jadwal

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-007

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-006

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-008

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-005

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-004

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-003

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-002

ROSTER PIALA WALIKOTA 2017 BARU-page-001

Komentar