IBL

Tim Nasional Basket Putri Indonesia membungkus kemenangan kedua di ajang SEA Games 2017 Malaysia. Setelah melahap Myanmar di hari pertama, berikutnya Indonesia mampu menakhlukkan Filipina dengan skor 78-68. Pertandingan menegangkan ini bisa dimenangkan Indonesia karena ketenangan mereka di babak kedua.

Indonesia tertinggal 34-41 di paruh pertama. Saat itu Filipina memang sangat unggul di area lubang kunci, bahkan Gabriel Sophia dan Yuni Anggraeni pun gagal membendung laju big man Filipina yang digawangi oleh Allana May Lim dan Camille Sambile. Kedua pemain tersebut sangat dominan di paruh pertama.

Indonesia pun merubah strategi pasca jeda. Kali ini skenario Indonesia adalah membuka ruang tembak untuk Natasha Debby Christaline, Mariam Ulfah dan Regita Pramesti. Ketiga pemain ini dikenal memang punya akurasi yang bagus untuk tembakan jarak jauh. Indonesia melaju 9-0 di awal kuarter ketiga, termasuk satu tembakan tiga angka dari Debby yang membuat Indonesia berbalik unggul 43-41. Akurasi tembakan Indonesia sangat baik, di kuarter ketiga tercatat empat tembakan tiga angka tepat sasaran. Tiga tembakan dicetak oleh Debby, dan satu tembakan dihasilkan oleh Regita. Total, Indonesia mengumpulkan 25 poin di kuarter ketiga. Ini membuat Indonesia unggul 59-50.

Lewat momentum di kuarter ketiga, maka Indonesia tinggal mempertahankan keunggulan. Filipina memang sempat beberapa kali mencuri poin, mereka menggunakan full court press untuk menahan laju bola Indonesia. Tetapi strategi ini gagal, Indonesia tetap bisa menambah pundi-pundi poin. Di kuarter keempat, Indonesia menghasilkan 19 poin dan Filipina membalas 18 poin. Hingga akhir laga, Indonesia tetap unggul 78-68.

Jelas sekali di laga ini, Indonesia sangat unggul dalam hal akurasi tembakan. Mereka menghasilkan sembilan tembakan tiga angka, sedangkan Filipina hanya tiga tembakan tiga angka yang tepat sasaran. Namun Indonesia perlu waspada, sebab mereka belum cukup kuat di area lubang kunci. Sebab dari sisi rebound mereka kalah, dan jumlah point in the paint Indonesia juga masih kalah dengan Filipina.

Berikutnya Indonesia berhadapan dengan Malaysia (22/8/2017). Sementara di hari yang sama, tim putra juga bertanding melawan Singapura.

Foto: Mei Linda

Komentar