News

Xaverius Prawiro Kembali ke Liga Profesional Bersama Pelita Jaya EMP Jakarta

IUS

Rabu sore (12/7/2017), akun instagram @pelitajayabasketball mengunggah foto acara halal bi halal. Dalam foto tersebut terlihat menajemen, tim pelatih dan juga pemain tampak mengenakan kaus bertuliskan Champions. Tetapi ada satu wajah yang terlihat tak asing bagi insan basket tanah air. Ada Xaverius Prawiro yang bergabung di tengah-tengah barisan pemain.

PJIG

Foto tersebut sudah memancing banyak komentar mengenai kabar kembalinya Ius ke liga profesional Indonesia pasca-pensiun. Semua tahu bahwa kapten sekaligus ikon Aspac Jakarta tersebut sudah menyatakan pensiun pada 2015 lalu. Alasannya, Ius –sapaan akrabnya– ingin menggeluti dunia kerja. Tetapi Ius masih sering tampil di turnamen-turnamen di berbagai daerah. Bahkan masih bermain dengan sangat baik.

Munculnya Ius bersama tim Pelita Jaya EMP Jakarta memang menimbulkan tanda tanya. Tetapi ketika ditanya, pemain yang identik dengan nomor jersey 30 itu memberikan jawaban yang kurang tegas.

“Tadi (Rabu sore) berkunjung ke kantor. Tiba-tiba ketemu PJ yang sedang mengadakan meet-and-greet. Saya akhirnya ikut,” katanya ketika dihubungi, Rabu malam. “Memang bisa jadi saya main lagi, tapi masih pikir-pikir dulu. Saya masih menimbang positif dan negatifnya kalau saya main lagi.”

Sesaat berselang setelah memberikan jawaban tersebut, ternyata akun instagram @pelitajayabasketball membuat semuanya jelas. Ius kembali ke liga profesional dan bergabung dengan Pelita Jaya EMP Jakarta. Terlihat dalam foto yang diunggah, Ius tampak bersalaman dengan Ketua Umum Pelita Jaya, Andiko Adi Purnomo. Dalam kolom komentar tertulis “Welcoming the newest member of the family, Xaverius Prawiro! Dua tahun berhenti bermain di liga nasional, Xaverius akan kembali ke lapangan dan memperkuat Pelita Jaya mulai musim 2017-2018.”

TTD

Xaverius Prawiro bukan hanya sekedar bintang bagi Aspac Jakarta sebelum menyatakan pensiun. Tetapi dia menjadi bagian terpenting dalam perjalanan klub ibukota tersebut. Ius dan Aspac sudah pernah merasakan gelar juara liga profesional Indonesia baik di era IBL dan NBL Indonesia. Tetapi memang di musim terakhirnya (2015) penampilan Ius menurun. Akhirnya dia mengambil keputusan untuk pensiun meski masih berusia 28 tahun.

Kiprah pemain kelahiran 20 Desember 1986 tersebut di olahraga basket masih berlanjut walaupun tidak tampil di liga profesional. Bahkan ketika tampil di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016, Ius masih tampil luar biasa. Ius dan tim Papas Surabaya menempati peringkat keempat.

Foto: instagram @pelitajayabasketball dan dokumentasi Jawa Pos