IBL

Tim nasional basket putra Indonesia proyeksi SEA Games 2017 sudah menjalani serangkaian persiapan. Mulai dari mengikuti kejuaraan SEABA 2017, berlatih di Amerika Serikat dan sejumlah pemusatan latihan. Kini mereka bersiap terbang ke Lithuania untuk menjalani latihan intensif sekaligus uji tanding.

Suhadi selaku manajer timnas basket putra Indonesia menyatakan bahwa hari ini (Selasa, 25/7/2017), tiket ke Lithuania sudah didapatkan. Mereka akan berangkat pada pukul 23.30 WIB. Penerbangan tersebut akan singgah di beberapa kota yaitu Singapura, Istanbul lalu sampai ke Kaunas (Lithuania).

Timnas Indonesia, lanjut Suhadi, diperkuat 13 pemain saja. Padahal sebelumnya kita tahu ada 14 pemain yang tergabung dalam pemusatan latihan sebelumnya. Suhadi menuturkan untuk biaya ke Lithuania kali ini yang ditanggung oleh Prima (Program Indonesia Emas) hanya 12 pemain. Satu pemain sisanya ditanggung oleh manajer.

"Satu orang yang tereliminasi hari ini adalah Ferdinand Damanik. Jadi kita bawa 13 pemain," ucapnya.

Daftar 13 pemain yang berangkat ke Lithuania yaitu Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, Christian Ronaldo Sitepu, Kevin Yondas Argadiba Sitorus, Vamiga Michel, Mario Wuysang, Sandy Febiansyakh Kurniawan, Firman Nugroho, Andakara Prastawa Dhyaksa, Abraham Damar Grahita, Ebrahim Enguio Lopez, Vincent Rivaldi Kosasih dan Diftha Pratama.

Timnas Indonesia akan menjalani serangkaian uji tanding di Lithuania. Mereka dijadwalkan melawan lima klub Lithuania. Lalu pada 28 Juli mereka akan terbang ke Estonia untuk bertanding tim nasional Estonia (29/7/2017).

"Saya rasa kekurangan dan kelebihan kami masih belum diketahui, karena kami masih berlatih seperti biasa. Tetapi setelah uji coba nanti, baru tahu mana yang kurang," jelas Suhadi. "Kalau target ke Lithuania nanti, kami berusaha agar tim ini mencoba berlatih gaya Eropa. Kebanyakan tim di Eropa itu mengandalkan kerjasama tim."

Seperti yang kita tahu, di SEA Games 2017 yang akan berlangsung bulan Agustus mendatang Indonesia berada di grup B bersama Singapura, Kamboja, Vietnam dan Laos. Sedangkan di grup A berisi Filipina, Thailand, Malaysia dan Myanmar.

Komentar