IBL

Mungkin ini kabar NBA paling mengejutkan minggu ini. Bintang Cleveland Cavaliers, Kyrie Irving meminta dirinya untuk ditukarkan ke tim lain. Permintaan ini sudah disampaikan minggu lalu kepada pemilik Cavs, Dan Gilbert. Awalnya memang manajemen Cavs sedikit terganggu bila kabar tersebut bocor ke media. Namun kabar ini sampai juga ke telinga media.

“Kyrie dan saya bertemu dengan pimpinan Cavs, di mana kami membahas berbagai skenario yang berbeda mengenai Kyrie dan masa depannya bersama tim,” ucap Jeff Wechsler, agen Kyrie Irving, seperti dilansir espn.com.

Dari beberapa sumber, ESPN mencoba menghimpun informasi. Kabarnya Kyrie memang sudah menentukan tujuannya. Ada empat tim yang ia minati, yaitu San Antonio Spurs, New York Knicks, Minnesota Timberwolves dan Miami Heat. Terkait empat tim ini, ESPN berusaha untuk menerka beberapa kemungkinan yang akan terjadi.

New York Knicks memang sangat berminat mendatangkan Kyrie. Tetapi mereka juga harus mempertimbangkan aset yang ada. Saat ini mereka harus melindungi Kristaps Porzingis, Carmelo Anthony dan Draft Pick putaran pertama musim depan. Mereka tentu harus memikirkan masak-masak agar aset itu tetap terjaga. Sebab santer rumor beredar bahwa Cavs juga menginginkan Carmelo Anthony.

Sumber ESPN lain menyebut bahwa Minnesota Timberwolves juga punya kans besar mendapatkan Kyrie. Dua pemainnya yaitu Jimmy Butler dan Karl-Anthony Towns ternyata sudah mengajukan permintaan kepada pemilik klub agar mengambil Kyrie. Butler sangat dekat dengan Kyrie terutama saat mereka membela tim nasional Amerika Serikat. Sedangkan Towns dan Kyrie punya kaitan dengan ayah mereka masing-masing. Ternyata Karl Towns Sr. Dan Drederick Irving tinggal sekota.

Wolves bisa menukar Kyrie dengan Jeff Teague. Sebab pemain ini akan berstatus bebas agen pada 15 Desember 2017. Tentu, Wolves dengan senang hari menukar, sebelum masa kontrak Teague berakhir.

Sementara itu, Kyrie ternyata sangat condong ke San Antonio Spurs. Dirinya pernah berkata bahwa ingin satu tim dengan pemain-pemain seperti Tony Parker dan Manu Ginobili. Tetapi Spurs baru-baru ini sudah mengikat kontrak dengan Manu dan Pau Gasol. Mereka harus berhitung anggaran lagi bila ada Kyrie Irving di tim tersebut.

Beberapa sumber berita menyebut bahwa permintaan Kyrie Irving untuk ditukarkan dengan tim lain ada hubungannya dengan kepergian David Griffin. Kita tahu bahwa Griffin dan Kyrie punya ikatan kuat. Kyrie mau membubuhkan tanda tangan untuk perpanjangan kontrak di tahun 2014 lalu juga atas bujukan Griffin. Tetapi saat kesepakatan dibuat, tiba-tiba LeBron James datang dua minggu setelahnya. Situasi ini mengguncang Kyrie. Tetapi dirinya tetap bertahan karena Griffin.

Situasinya berubah seketika saat Griffin keluar dari Cavs. Kyrie mungkin sudah tak lagi nyaman ada di tim dan juga dirinya sudah tidak peduli dengan besaran nilai kontrak. Kyrie ingin mencari kenyamanan bermain dalam tim.

“Setelah ada pemain hebat datang ke tim, maka ada situasi dimana Anda harus melangkah mundur dan mengamatinya saja,” kata Irving, pasca NBA Finals 2017. “Menemukan keseimbangan dalam tim adalah satu hal paling sulit.”

Irving telah bersama Cavaliers sejak 2011. Setelah tiga musim terpuruk bersama Cavs, Irving akhirnya mendapatkan teman baru, yaitu LeBron James dan Kevin Love. Mereka bertiga sukses membawa Cavs bangkit dan memenangi gelar juara pada 2016.

Permintaan Kyrie ini sangat menyulitkan bagi Cavs. Situasinya semakin sulit karena mereka harus memikirkan LeBron James yang akan menjadi pemain bebas agen pada musim panas mendatang. Sementara Kyrie masih memiliki sisa kontrak tiga tahun dengan nilai sekita 60 juta dolar Amerika.

Irving bukan pemain biasa. Ia sudah empat kali masuk NBA All-Star. Musim lalu rara-rata ia mencatatkan 25,2 PPG, 5,8 APG dan memasukkan 40,1 persen tembakan tiga angka. Tetapi Irving belum bisa bermain baik tanpa ada James. Musim lalu, Cavs kalah 90 poin dalam 574 menit saat Irving bermain dan James beristirahat. Di play-off mereka kalah 30 poin dalam 61 menit. Puncaknya di final NBA melawan Golden State Warriors, Cavs kehilangan 37 poin saat Irving berada di lapangan dan James istirahat.

Foto: lynnburnet.net

Komentar