IBL

San Antonio Spurs tak berhasil menahan Golden State Warriors di final NBA Wilayah Barat musim lalu. Tetapi momen yang paling diingat penggemar Spurs adalah saat Manu Ginobili ditarik keluar lapangan karena cedera.

Ginobili menatap penonton dengan sayu, wajahnya tampak sedih saat mengalungkan handuk. Jelas saat itu penonton sudah merasa bahwa mereka harus menyiapkan ucapan selamat tinggal untuk pemain paling fenomenal dalam sejarah Spurs tersebut.

Tetapi tunggu, ternyata penggemar Spurs harus menyimpan ucapan selamat tinggal itu. Pasalnya pemain asli Argentina tersebut mengungkapkan bahwa dirinya telah menandatangani kontrak dengan Spurs semusim lagi. Artinya, Ginobili akan kembali tampil bersama Spurs di NBA 2017-18. Ini jadi musim ke-16 Ginobili bersama pasukan Gregg Popovich.

"Mereka mungkin merasa saya sudah ingin pensiun saat itu," kata Ginobili sambil tersenyum, mengingat peristiwa tersingkirnya Spurs atas Warriors. "Saya memang semakin dekat dengan pensiun. Tetapi mungkin tidak sekarang."

Guard Spurs itu akan memasuki usia 40 tahun pada 28 juli nanti. Tetapi dengan usianya sekarang, Ginobili tak bisa dikatakan tua. Sebab ia masih mencatatkan 7,5 poin per pertandingan dan masih tampil di 18,7 menit setiap laga. Ia masuk dalam lima besar pencetak skor terbanyak dalam sejarah Spurs dengan 13.467 poin. Tampil di 992 laga resmi bersama Spurs selama 15 musim. Ginobili dan Tony Parker dipercaya menjadi pimpinan tim oleh Gregg Popovich pasca pensiunnya Tim Duncan. Bahkan tiga orang ini, jadi pemain paling dihormati di Spurs.

MG2

Spurs musim lalu memenangi 61 pertandingan. Namun di final mereka harus menyerah dari Golden State Warriors. Banyak faktor yang memengaruhi kekalahan ini, seperti cederanya Kawhi Leonard dan Tony Parker. Di semifinal Wilayah Barat melawan Houston Rockets, Ginobili menunjukkan permainan bertahan yang luar biasa. Dia berhasil menahan tembakan James Harden dari belakang. Jadi sangat layak Ginobili tampil lagi, setidaknya satu atau dua musim lagi.

"Dia pemain yang sulit dihentikan saat kami tampil di final," kata Draymond Green, pemain Warriors. "Jadi saya pikir, Ginobili masih punya sisa-sisa kemampuan dan layak untuk bermain. Tetapi memang dengan usianya, Ginobili tidak lagi menjadi tulang-punggung tim."

Foto: nba.com

Komentar