Blog News

SEA Games Makin Dekat, Timnas Putra Uji Coba ke Lituania

FTP_7148

Tim Nasional (Timnas) bola basket Indonesia proyeksi SEA Games 2017 tengah menggelar latihan intensif di Batam, Kepulauan Riau. Sebanyak 14 pemain bersaing untuk mendapatkan tempat di tim utama Garuda yang nantinya hanya akan membawa 12 pemain terbaik.

Tim pelatih yang dikepalai Wahyu Widayat Jati berencana membawa anak asuhnya berlatih tanding (try out) ke Lituania. Negara yang berada di kawasan Eropa Timur itu dipilih karena dinilai memiliki prestasi basket yang baik di Eropa.

“Kita coba Eropa dan kebetulan di Perbasi itu kita ada koneksi ke Lituania, harganya reasonable juga jadi ya kita pergi ke sana. Lituania salah satu negara basket juga untuk Eropa.” ujar Coach Cacing -sapaan akrab Wahyu- menjelaskan saat ditemui di sela latihan, Senin petang (10/07/17) di Hi-Test Arena.

Rencananya tim Merah-Putih akan bertolak ke Lituania 15 Juli akhir pekan ini. Sebelumnya Timnas Indonesia telah menggelar latihan intensif di Los Angeles, Amerika Serikat pada 12 hingga 23 Juni silam.

Persiapan untuk menatap SEA Games kali ini terbilang cukup mewah. Pasalnya, pada persiapan SEA Games atau ajang multi-cabang sebelum-sebelumnya Indonesia belum pernah menggelar latihan sampai ke Amerika Serikat hingga benua Eropa.

Mario Wuysang dan kawan-kawan akan berjibaku di grup B melawan empat kontestan lainnya, yaitu Singapura, Kamboja, Vietnam, dan Laos. Sementara di grup seberang (grup A) diisi, raksasa basket ASEAN Filipina, tuan rumah Malaysia, Thailand, dan Myanmar. Dua tim terbaik dari masing-masing grup berhak mengantungi tiket ke babak semifinal.

Harapan Indonesia untuk merebut medali emas kali ini cukup terbuka. Selain fase persiapan yang dianggap relatif cukup, tim terkuat, Filipina dipastikan tidak akan diperkuat sejumlah pemain terbaiknya, seperti Japeth Aguilar, Jayson Castro, Terrence Romeo, dan mantan pebasket NBA, Andray Blatche.

Sejumlah nama besar tersebut tengah dipersiapkan Filipina untuk ajang yang lebih prestisius, FIBA Asia 2017 yang digelar di Beirut, Lebanon 8-20 Agustus mendatang. Sementara SEA Games 2017 akan berlangsung 18-31 Agustus di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berikut 14 nama punggawa Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk Sea Games 2017:

1. Arki Dikania Wisnu

2. Hardianus Lakudu

3. Christian Ronaldo Sitepu

4. Kevin Yonas Sitorus

5. Vamiga Michel

6. Mario Wuysang

7. Sandy Febiansyakh

8. Firman Dwi Nugroho

9. Andakara Prastawa Dhyaksa

10. Abraham Damar Grahita

11. Ebrahim Enguio Lopez

12. Vincent Rivaldi Kosasih

13. Diftha Pratama

14. Ferdinand Damanik

Pelatih: Wahyu Widayat Jati

Asisten Pelatih 1: Johannis Winar

Asisten Pelatih 2: A. F. Rinaldo

Asisten Pelatih 3: Tri Prasetyo

Manajer: Suhadi

Selamat berjuang Indonesia!

Foto: Tommy Julianto