IBL

Los Angeles Lakers menjuarai NBA Summer League 2017 Las Vegas. Gelar tersebut didapat setelah mereka sukses menumbangkan Portland Trail Blazer, 101-98, di partai final Senin malam waktu Amerika Serikat. Kemenangan memang bukan incaran utama Lakers, tetapi yang paling membanggakan adalah barisan rookie berhasil menunjukkan kualitasnya. Ini memberikan harapan baru bagi kebangkitan Lakers musim depan.

Sebelum pertandingan final dimulai, penggemar Lakers patut berbangga karena rookie-nya, Lonzo Ball, dinobatkan sebagai NBA Summer League MVP. Lonzo rata-rata mengumpulkan 16,3 poin, 9,3 asis (tertinggi di Summer League), 7,7 rebound dan 2,5 steal. Dia mencatatkan dua triple-double di Las Vegas dengan 11 poin, 11 rebound dan 11 asis saat melawan Boston Celtics (8 Juli 2017), lalu menghasilkan 16 poin, 12 asis, dan 10 rebound melawan Cleveland Cavaliers (13 Juli 2017). Namun sayangnya, Lonzo tidak tampil di final karena cedera betis.

LB

Sementara itu di pertandingan final, Kyle Kuzma tampil luar biasa. Kuzma mencetak 30 poin dan 10 rebound di turnamen ini. Aksi Kyle yang memasukkan tembakan tiga angka tiga kali beruntun di kuarter ketiga membuat penonton kagum. Kyle juga membawa pulang piala MVP Finals NBA Summer League.

KK

Selain Kyle, Matt Thomas menambahkan 23 poin untuk Lakers. Lalu Vander Blue yang melesakkan 20 poin. Blue sangat gembira karena gelar juara ini sekaligus menjadi kado ulang tahunnya. Sedangkan Alex Caruso yang menggantikan posisi Lonzo berhasil mengumpulkan 15 poin dan sembilan asis.

Kemenangan tim muda Lakers ini menjadi bukti bahwa mereka siap untuk bangkit dari keterpurukan. Lakers tampaknya benar-benar ingin mewujudkan Lakers era baru yang tak berhasil di musim lalu.

NBA Summer League tahun ini merupakan edisi kelima. Golden State Warriors memenangi kejuaraan ini perdana pada tahun 2013, diikuti oleh Sacramento Kings pada tahun 2014. San Antonio Spurs berhasil membawa pulang gelar juara pada tahun 2015 dan Chicago Bulls pada tahun 2016. Tahun ini giliran Lakers yang menjadi juara.

Foto: nba.com

Komentar