IBL

NBA Summer League mungkin terlihat seperti sebuah turnamen ekshibisi biasa. Tapi, sebenarnya ini adalah panggung utama bagi para pemain tahun pertama (rookie) ataupun pemain non-kontrak untuk menunjukan kelihaian (skill) mereka. Ini merupakan jalan bagi mereka para pemain-pemain muda yang ingin menapaki karirnya di NBA ke depan. Ini juga merupakan pembuktian awal bagi para pemain tahun kedua atau sophomore yang harus menunjukan perkembangan mereka dalam semusim. Pemain semacam Brandon Ingram dan Patrick McCaw adalah salah dua yang ikut turun di Summer Leauge musim ini.

Ada hal menarik lain di Summer Leauge musim ini. Ada dua nama pemain Asia, khususnya Tiongkok yang ikut andil. Ada nama Ding Yanyuhang (23) dan Zhou Qi (21). Sebenarnya ada satu lagi pemain Asia yang mengikuti Summer League kali ini, Satnam Singh (22). Tapi bagi Singh, ini adalah Summer League keduanya dalam tiga musim terakhir. Singh sendiri sekarang berstatus pemain Texas Legends yang bersaing di kompetisi NBA G-League (sebelumnya D-League). Sementara duo China yang disebut di awal belum pernah bermain di NBA.

Ding Yanyuhang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ding, sebenarnya sudah mendeklarasikan dirinya untuk NBA Draft musim 2015-2016, sama seperti Singh. Tapi mereka berdua berbeda nasib. Singh di-draft oleh Dallas Mavericks pada putaran kedua di urutan ke-52. Sementara Ding berakhir tidak terpilih (Undrafted) yang membuatnya berstatus pemain bebas (free agent) di NBA. Ding kemudian melanjutkan karirnya bersama Shandong Golden Stars di China Basketball Association (CBA).

810944054-2017-las-vegas-summer-league-dallas-mavericks-v-chicago-bulls.jpg

Bermain sebagai Small Forward, Ding memiliki kemampuan cukup baik di dalam maupun di luar garis tripoin. Kemampuan mengumpan Ding juga bisa dibilang cukup bagus untuk kaliber small forward. Selain itu, pergerakan tanpa bola ke dalam (cuting inside) Ding juga sangat efisien. Tidak jarang ia melakukan cuting lalu berakhir dengan poin untuk dirinya.

Dengan segala kemampuan itu, Ding pun diganjar dengan gelar MVP untuk pemain lokal di CBA. Gelar tersebut pula lah yang akhirnya membuat Dallas Mavericks merekrut Ding untuk tim Summer League mereka musim ini. Ding pun telah memulai debutnya saat Summer League digelar di kota Orlando.

Dalam lima laga yang ia mainkan, Ding berhasil memperoleh rataan 8,2 poin (PPG), 2,0 asis (APG), 2,6 rebound (RPG) per pertandingan dan memasukan 40,6 persen tembakannya. Ding pun masih tetap di dalam tim yang bermain di seri Las Vegas. Di seri Las Vegas, Ding berkesempatan main bersama Yogi Ferrel dan Dennis Smith Jr.. Nama terakhir berhasil merebut perhatian semua penikmat basket dengan gaya bermainnya yang cukup eksplosif.

Komentar