News

Ljubljana Menangkan Saskatoon Masters (FIBA 3×3 World Tour 2017)

Ljublana

FIBA 3×3 World Tour 2017 mulai bergulir. Saskatoon, Kanada menjadi tempat gelaran pertama dari tujuh seri World Tour Masters. Turnamen ini berlangsung 15-16 Juli 2017. Ini menjadi seri Masters pertama yang berlangsung di Kanada dalam sejarah FIBA 3×3. Penyelenggaraan semakin semarak karena lapangan 3×3 berada tepat di pusat kota Saskatoon yang tengah berlangsung pula festival makanan, Taste of Saskatchewan.

Ada empat tim Kanada dari 12 tim di Saskatoon Masters kali ini. Mereka yaitu Saskatoon, Hamilton, Winnipeg dan Montreal. Sekedar tahu bahwa tim Montreal diperkuat oleh pemain asing Pacific Caesar Surabaya, Kevin Loiselle. Lalu bintang Pacific lainnya yaitu David Seagers juga tampil di Saskatoon Masters dengan tim NY Harlem (Amerika Serikat).

Tim unggulan pertama, Ljublana (Slovakia) dan unggulan kedua, Saskatoon (Kanada), berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak penyisihan hingga semifinal. Kedua tim terbaik ini pun bertemu di babak final.

Saskatoon lebih percaya diri dengan dukungan publik tuan rumah. Tetapi mereka gagal menjawab kepercayaan penonton. Ljublana membuktikan diri bahwa mereka bukan tim sembarangan. Dua kali pemenang World Tour itu mengalahkan Saskatoon dengan skor 21-14.

image (2)

Tomo Cajic dan Jasmin Hercegovac mencetak masing-masing delapan poin, lalu Blaz “Birdman” Cresnar menambahkan tiga poin, dan Ales Kunc melengkapi kemenangan Ljublana dengan sumbangan dua poin. Kemenangan Ljublana semakin lengkap dengan terpilihnya Tomo Cajic sebagai pencetak skor terbanyak di turnamen dan berhak atas gelar Most Valuable Player (MVP).

Dari kontes individu, Stefan Stajacic dari tim Liman (Serbia) menjadi yang terbaik di Shoot-Out Contest. Lalu anggota Dunk Elite, Justin “JustFly” Darlington asal Kanada memenangi Dunk Contest.

image

FIBA 3×3 World Tour Master kedua akan bergeser ke negara Jepang, tepatnya di Utsonomiya pada 29-30 Juli 2017. Seri kali ini dipastikan bakal lebih seru karena akan tampil tim Ljublana dan tim 3×3 terbaik dunia, Novi Sad Al Wahda (Uni Emirat Arab).

Klasemen Akhir FIBA 3×3 World Tour Saskatoon Masters 2017;
1. Ljublana (Slovakia)
2. Saskatoon (Kanada)
3. Gurabo (Puerto Rico)
4. Hamilton (Kanada)
5. Liman (Serbia)
6. NY Harlem (Amerika Serikat)
7. Princeton (Amerika Serikat)
8. Humpolec (Republik Ceko)
9. Hamamatsu (Jepang)
10. Montreal (Kanada)
11. Rio de Janeiro (Brazil)
12. Winnipeg (Kanada)

Foto: fiba.com