IBL

NBA menggandeng pabrikan Nike sebagai produsen jersey di musim 2017-18. Tentunya ini tak hanya berlangsung satu musim saja, tetapi sepertinya NBA dan Nike akan menjalin kerjasama dengan durasi yang cukup panjang. Seperti yang sebelumnya dilakukan dengan adidas.

Beberapa perubahan signifikan akan kita lihat di awal musim nanti. Tetapi yang paling dasar yaitu Nike akan menggunakan bahan Nike Aeroswift. Bahan ini sudah dikembangkan Nike dengan teknologi tinggi serta penelitian selama 25 tahun di basket.

Disadur dari rilis resmi Nike, rata-rata pemain NBA berlari selama empat mil per laga, atau sekitar 6,5 kilometer. Selama memakai jersey atau selama pertandingan, Nike menghitung setidaknya ada perubahan pergerakan pemain per 1,6 detik. Artinya banyak hal tidak terduga yang dilakukan pemain basket. Jadi jersey harus bisa mendukung pergerakan ini. Terpenting, jersey harus lebih ringan, fleksibel dan punya potongan yang memudahkan pergerakan pemain.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Nike sudah menguji bahan ini di 82 pertandingan. Termasuk memerhatikan panas dan keringat pemain, serta beberapa peraga tiga dimensi. Penelitian itu membuat Nike bisa memastikan bahan serta berbagai hal untuk meningkatkan ketangkasan pemain.

Seperti yang kita tahu, beberapa pemain NBA sudah merasakan jersey rancangan Nike ini. Khususnya yang membela tim nasional Amerika Serikat di Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil. Mereka sudah mencoba dan memberi masukan Nike agar semakin baik.

"Keuntungan mental dari jersey berkualitas memang tak ternilai harganya," kata Kyrie Irving. "Faktanya Nike mendengarkan saran-saran kami dalam pengembangan jersey barunya. Saya sedang dengan hal itu karena ini lebih pas dan yang penting rasanya lebih baru."

Perubahan mencolok dari desain jersey Nike ada di bagian bahu, leher dan sisi yang dirasa mengganggu pergerakan pemain. Bagian lubang di lengan akan lebih lebar. Tambahannya, Nike memodifikasi celana agar pergerakan lebih leluasa.

"Bila Anda terlihat bagus dan merasa nyaman, maka Anda akan bermain bagus," kata Draymond Green. "Saya menyambut baik beberapa keunggulan jersey baru ini."

nike-jersey-editions

Jersey ini dibuat dari susunan benang Alfa dan poliester daur ulang. Bahan tersebut dibuat dari limbah botol air mineral (PET). Nike mengklaim, setiap jersey dibuat dari daur ulang 20 botol. Bahan tersebut bisa menghilangkan kelembaban lebih cepat dari jersey sebelumnya. Mengurangi keringat 30 persen lebih cepat dan memangkas waktu pengeringan 15 persen lebih cepat.

Perubahan signifikan lain yaitu Nike menghilangkan penyebutan jersey "hom" dan "away". Untuk selanjutnya Nike akan menyebut Association Edition dan Icon Edition. NBA sepakat bahwa tim tuan rumah tidak harus memakai jersey terang. Tetapi musim depan tuan rumah boleh memilih warna apapun, lawannya harus memilih warna yang kontras.

Foto: slamonline.com dan nba.com

Komentar