IBL

Pemain bebas agen Derrick Rose akhirnya memutuskan untuk memperkuat Cleveland Cavaliers. Guard veteran itu bersedia menerima 2,1 juta dolar Amerika dengan durasi kontrak selama setahun. Juara Wilayah Timur sudah bertemu dengan Rose dan agennya, B.J. Amstrong pada Senin malam waktu Amerika Serikat. MVP 2011 itu bersiap untuk menandatangani kontrak barunya pada Selasa malam.

"Dia (Rose) hanya ingin fokus memenangkan pertandingan basket," kata agen Rose, B.J. Amstrong saat ditanya mengenai perpindahan kliennya ke Cavaliers, seperti dilansir bleacherreport.com. "Rose melihat titik awal yang potensial di klub barunya."

Sebelum dikabarkan merapat ke Cleveland, Rose lebih dulu bertemu dengan manajemen Los Angeles Lakers. Kata beberapa sumber, pertemuan itu berlangsung hampir tiga jam pada Kamis minggu lalu.

Lakers mencoba untuk menarik Rose. Mereka menawarkan lebih banyak waktu bermain, tambahan gaji, dan lingkungan yang lebih baik daripada di New York Knicks (2016-17). Lakers percaya bahwa Rose sudah terbiasa dengan fasilitas latihan di Los Angeles. Lakers ingin menarik Rose lantaran dirinya bisa membantu perkembangan rookie Lonzo Ball. Tetapi ternyata, yang terjadi adalah Rose memilih Clevaland Cavaliers.

Rilisan berita dari espn.com menyebut bahwa Cleveland tidak hanya bisa memberikan gelar juara bagi Rose, tetapi dia bisa bermain dekat dengan kota asalnya di Chicago. Selain itu, setelah berita bahwa Kyrie Irving ingin keluar dari Cleveland, posisi point guard utama bisa didapatkannya. Ketika Cavs kehilangan Irving, maka LeBron James bisa bermitra dengan Rose. Itu membuat Cavs tetap bisa bersaing di Wilayah Timur.

Derrick Rose kini berusia 28 tahun, cukup matang sebagai seorang point guard. Tetapi setelah lepas dari Chicago Bulls 2016 lalu, penampilannya menurun. Di New York Knicks musim 2016-17, Rose mencatatkan 18,0 PPG, 4,4 APG, 3,8 RPG. Akurasinya di kisaran 47,1 persen dan tembakan tiga angka hanya 21,7 persen saja. Tetapi kini, Rose punya semangat baru untuk tampil di Cleveland Cavaliers. Ketika dirinya memilih Cavs, maka keputusan itu sekaligus memupus harapan Milwaukee Bucks, Los Angeles Clippers dan LA Lakers yang berniat memakai jasanya.

Komentar