NBA News

Unggul 11-0 di Tiga Menit Terakhir, Golden State Warriors Memimpin 3-0 (Final NBA 2017)

KDG3

Golden State Warriors unggul 3-0 setelah mereka mempermalukan Cleveland Cavaliers 118-113 di rumahnya sendiri. Rekor kemenangan Wariors juga bertambah menjadi 15-0 di babak playoff. Selangkah lagi mereka bisa jadi tim yang pertama yang tak terkalahkan di playoff. Kini Warriors dan trofi Larry O’Brien hanya berjarak satu kemenangan┬ásaja.

Seperti yang diramalkan, Cavaliers memberikan perlawanan sengit di pertemuan ketiga ini. Namun mereka tertinggal 61-67 di paruh pertama laga. Pascaistirahat, Cavaliers tampil lebih agresif. Kali ini mereka menghasilkan poin lebih banyak daripada Warriors (33-22). Cavs memimpin 94-89 di akhir kuarter ketiga. Kyrie Irving yang jadi aktor kebangkitan Cavs di kuarter ketiga. Meski hanya mencetak delapan poin, pergerakannya membuat Warriors kebingungan.

Ternyata Warriors mendapatkan momentum di kuarter keempat. Kevin Durant merajalela di kuarter pamungkas ini. Dia menghasilkan 14 poin di kuarter keempat dari total 31 poinnya pada pertandingan ini. Durant juga yang membawa Warriors membalik keadaan, 114-113 di sisa 45 detik.

Memang di tiga menit terakhir, Cavs seakan berada di atas angin setelah JR. Smith mencetak tembakan tiga angka dan membuat timnya unggul 113-107. Tetapi setelah itu, Warrior melaju 11-0 hingga akhir laga.

“Kami tidak bermain baik, justu mereka yang lebih baik di akhir kuarter keempat. Kami tidak agresif di area lubang kunci di detik-detik terakhir,” kata Tyronn Lue, kepala pelatih Cavaliers pada wawancara usai pertandingan. “Kevin Durant jadi pembeda, tiga tembakan di akhir kuarter keempat yang dibuatnya, sangat menentukan.”

Tiga pemain Warriors yang menghasilkan poin terbanyak adalah Kevin Durant (31 poin), Klay Thompson (30 poin) dan Stephen Curry (26 poin, 13 rebound). Sedangkan di kubu Cavaliers, LeBron James mencetak 39 poin, 11 rebound dan sembilan asis. Disusul Kyrie Irving dengan 38 poin dan JR Smith yang menambahkan 16 poin.

“Kami menemukan jalan untuk menang justru di menit-menit terakhir. Tetapi pada saat itu kami hanya saling percaya pada rekan-rekan,” ucap Stephen Curry.

“Kami harus lebih baik di pertandingan keempat nanti. Karena di pertandingan ini kita semua bisa melihat bahwa LeBron, Kyrie dan Love punya energi yang luar biasa. Saya sendiri mengakui bahwa kami kesulitan menghentikan mereka. Tapi sekali lagi, kami harus lebih baik di pertemuan keempat,” imbuh Kevin Durant.

Pertandingan keempat Final NBA 2017 akan berlangsung pada Sabtu, 10 Juni 2017 waktu Indonesia. Jika Warriors menang lagi, maka mereka mencatatkan sejarah baru di NBA. Juara tanpa pernah terkalahkan di babak payoff.

Foto: nba.com