IBL

Bintang Cleveland Cavaliers, LeBron James menyatakan tak akan bermain 3x3 meskipun ada di Olimpiade Tokyo 2020. Pernyataan ini sekaligus memupus harapan publik bahwa mereka akan melihat James bermain 3x3 bersama Michael Jordan dan Magic Johnson.

Mungkin hal tersebut dianggap gurauan saja, sebab James menolaknya dengan halus. James memang tidak akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020, tetapi dia senang namanya disebut sebagai salah satu atlet Amerika Serikat yang akan bermain di 3x3.

"Ini bagus untuk bola basket," kata James, dikutip dari nba.com. "Saya pikir bisa menambahkan kategori lain ke Olimpiade, kategori basket lainnya memang bagus. Saya memang belum tahu bagaimana federasi kami merencanakannya. Apakah mereka menggunakan pemain NBA atau hanya pemain kampus saja."

Lebih jauh James secara tegas menyatakan bahwa dirinya tak akan bermain 3x3 karena lebih memilih 5-on-5.

"Saya tidak terlalu bagus dalam hal 3-on-3, saya lebih memilih 5-on-5. Saya memang berlatih 1-on-1, 2-on-2, dan 3-on-3. Tetapi untuk berada di panggung yang besar di 3-on-3, tidak mungkin saya lakukan."

Seperti yang kita tahu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah memasukkan 3x3 sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Akan ada delapan tim putra dan delapan tim putri yang tampil. Sejauh ini, bagaimana pemilihan tim tersebut masih belum jelas.

Khusus untuk Amerika Serikat, federasi memang sudah bergerak untuk mengembangkan 3x3 selama beberapa tahun terakhir. Bulan lalu pun mereka menggelar turnamen nasional dan pemenangnya akan tampil di Piala Dunia 3x3 di Perancis akhir bulan ini.

Bila menilik prestasi, tim putra Amerika Serikat ternyata belum pernah meraih medali emas Piala Dunia 3x3 sejak digelar tahun 2012 silam. Serbia menjadi negara yang memenangkan dua kali gelar tersebut dan Qatar pernah menjadi juara di tahun 2014. Sementara itu, untuk tim putri berhasil meraih emas pada gelaran 2012 dan 2014.

Foto: nba.com

Komentar