News

LeBron James dan Christiano Ronaldo Jadi Atlet Termahal 2017 Versi Majalah Forbes

LBRN

LeBron James mengawali karir di NBA pada tahun 2003. Dalam kurun waktu tiga tahun, ia sudah jadi pemain paling berpengaruh di NBA. James dinobatkan sebagai pemain terbaik (MVP) NBA empat kali dan 11 kali menjadi pemain First Team NBA. Pada musim 2016-17, James ternyata punya bayaran tertinggi di NBA.

Pada bulan Juli 2017 lalu, Cleveland Cavaliers resmi mendapatkan tanda tangan James untuk tiga musim kedepan. Nilainya cukup fantastis yakni 100 juta dolar Amerika. Jadi jika dihitung per tahun, kira-kira James menerima 31 juta dolar per tahun. Tetapi tak hanya itu, bila ditambah dengan pendapatan dari bonus dapukan (endorse) dan bonus playoff, maka jumlahnya bisa mencapai 86,2 juta dolar Amerika per tahun. Gaji James tahun ini sudah melampaui Michael Jordan dan Kobe Bryant yang sebelumnya mendapatkan bayaran 30 juta dolar Amerika.

Popularitas James di basket tak diragukan lagi. Gaji fantastis dan sinar bintangnya masih dibawah bintang sepak bola asal Portugal, Christiano Ronaldo. CR7 -julukannya- merupakan atlet dengan bayaran tertinggi di sepak bola tahun ini. Majalah Forbes melansir bahwa gaji CR7 menembus angka 93 juta dolar per musim.

RNLD

CR7 musim ini mencetak gol ke-600 dalam karirnya dan terakhir mempersembahkan trofi Liga Champions Eropa ke-12 untuk Real Madrid. Rincian gaji CR7 adalah 58 juta dolar Amerika dari Real serta sponsor yang mencapai 35 juta dolar per tahun. Bahkan lebih fantastis pemain yang pernah bermain untuk Manchester United itu telah menandatangai kontrak seumur hidup dengan Nike senilai satu miliar dolar Amerika.

Sponsor diuntungkan dengan jumlah pengikut Ronaldo di Facebook, Twitter dan Instagram yang mencapai 277 juta. Ronaldo pun selalu aktif menyebut atau memakai logo sponsor dalam postingannya.

Sementara itu untuk LeBron James, gajinya naik 8 juta dolar tahun ini, dan pendapatan di luar lapangan juga melonjak di kisaran 55 juta dolar Amerika. James melepaskan diri dari Samsung dan Tencent, namun dia mendapatkan Intel dan Verizon. Sponsor lain yang kini melekat padanya adalah Nike, Coca-cola, Beats by Dre dan Kia Motor. Bisnis James juga tumbuh dengan baik yaitu SpringHill Entertainment. James juga jadi investor dari restoran Blaze Pizza.

Foto: vibe.com dan independent.co.uk