NBA News

Golden State Warriors Juara NBA 2017

gws

Golden State Warriors membuktikan bahwa mereka memang tim paling perkasa musim ini. Buktinya, trofi Larry O’Brien akhirnya kembali ke tangan mereka setelah menang 4-1 di Final NBA 2017. Di laga terakhir, Warriors menang 129-120 atas Cleveland Cavaliers, Senin malam waktu Amerika Serikat.

Ini merupakan kemenangan bersejarah bagi Warriors. Faktanya, mereka menang dua kali dari tiga kali pertemuan di Final NBA melawan musuh yang sama, Cleveland Cavaliers. Lebih menyenangkan lagi, Warriors berhasil mewujudkan mimpi mereka yakni menjuarai liga di rumah sendiri, Oracle Arena Oakland.

Sebelum pertandingan kelima berlangsung, ada sebuah pernyataan menarik. Warriors harus menang di laga kelima untuk membuktikan bahwa mereka adalah tim terbaik saat ini. Sebab ketika Final NBA belanjut ke pertandingan kelima atau setelah Warriors kalah dari Cavaliers (1-3), banyak yang meragukan keperkasaan Warriors. Semakin panjang seri Final NBA maka akan semakin banyak komentar miring kepada mereka. Tetapi buktinya, Warriors mampu menyudari perlawanan Cavs di pertandingan kelima. Hasil tersebut akan membungkam para komentator yang sebelumnya mencibir Warriors.

Satu lagi yang tak boleh lupa, Warriors musim ini mencetak rekor 16-1 di babak playoff. Catatan yang nyaris sempurna. Bahkan mereka berhasil keluar dari tekanan setelah kalah di pertandingan keempat. Warriors tampil baik di tiga pertandingan awal. Mereka menang 113-91 di pertandingan pertama, lalu menang 132-113 di laga kedua. Di pertandingan ketiga, Warriors menang dengan selisih lima poin (118-113). Kemudian mereka terpeleset kalah 116-137 di pertanding keempat.

Di laga kelima, permainan kedua tim berimbang di awal. Tuan rumah justru tertinggal 37-33 di kuarter pertama. Tetapi Cavs tak bisa mempertahankan keunggulan di separuh kuarter kedua. Warriors bisa mencetak 38 poin dan Cavs membalas 23 poin. Kuarter kedua berakhir dengan keunggulan Warriors, 71-60.

Di paruh kedua, Cavs memang mencoba mendekati Warrior, bahkan sempat hingga menyisakan empat poin. Tetapi Cavs tak pernah bisa membalikkan keadaan hingga akhir pertandingan. Cavs harus mengaku kalah dengan selisih sembilan poin (120-129).

Kevin Durant mencetak 39 poin, ditambah tujuh rebound dan lima asis untuk Warriors. Disusul Stephen Curry yang menghasilkan 34 poin dan 10 asis. Lalu Andre Iguodala (20 poin), Klay Thompson (11 poin) dan Draymond Green yang mencatatkan 10 poin dan 12 rebound. Di kubu Cavs, LeBron James menghasilkan 41 poin, 13 reboun dan 8 asis. Kemudia Kyrie Irving (26 poin), JR Smith (25 poin), Tristan Thompson (15 poin).

Foto: nytimes.com