NBA News

D’Angelo Russell Dilepas LA Lakers ke Brooklyn Nets

DR

Roman Shelburne dari espn.com menulis bahwa Kamis nanti, LA Lakers akan mengirimkan D’Angelo Russell dan Timofey Mozgov ke Brooklyn Nets. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan Brook Lopez dan draft urutan ke 27.

Dalam rilisan espn.com disebutkan bahwa Lakers berani mengeluarkan kedua pemain tersebut untuk menghemat biaya. Memang tidak tercatat berapa gaji Russell, namun untuk Mozgov, Lakers mengeluarkan biaya sekita 64 juta dolar Amerika. Sementara itu Lopez bisa digaji dengan kisaran 22,6 juta dolar Amerika setahun, dan bonusnya musim 2018, Lopez jadi pemain bebas agen.

Keputusan Lakers untuk melepas Russell memang cukup mengejutkan. Mengingat pemain ini jadi kunci sukses Lakers musim lalu. Tetapi cedera lutut dan betis memang jadi masalah guard berusia 21 tahun itu. Ia hanya tampil di 63 pertandingan musim reguler. Meski begitu, pemain kampus Ohio State itu rata-rata mencetak 15,6 poin dan 4,8 asis per laga. Akurasinya mencapai 40,5 persen, termasuk 35,2 persen tembakan tiga angka.

Tetapi kenyataannya, Lakers lebih memilih untuk menukarnya dengan center 29 tahun Brook Lopez. Faktornya karena Russell menyatakan bahwa dirinya lebih nyaman berposisi sebagai shooting guard daripada point guard.

“Saya merasa seperti harus menembak saat berada di lapangan,” kata Russell ketika mencetak 40 poin, Maret 2017 lalu. “Bermain sebagai point guard memang lebih sulit. Harus lebih agresif, mencoba mencetak poin setiap saat, dan setidaknya bila itu tidak mungkin, anda harus bisa membuat satu asis.”

Pindah ke Nets menjadi salah satu kesempatan bagi Russell untuk mengembangkan permainannya. Jelas Nets akan memasang di posisi yang Russell suka, sebagai shooting guard. Russell kini akan lebih tenang di bawah asuhan kepala pelatih Kenny Atkinson.

Foto: hoobshabbit.com