Blog NBA News

Apakah LeBron James Akan Meninggalkan Cleveland Cavaliers (Lagi)?

LBJ

Portal berita cleveland.com usai kekalahan Cleveland Cavaliers di Final NBA 2017 merilis berita tentang kemungkinan LeBron James meninggalkan Cavs untuk kedua kalinya. Ada beberapa faktor yang ternyata bisa membuat James tetap tinggal atau memilih hengkang.

Sejak bergabung kembali dengan Cavs pada bulan September 2014 dari Miami Heat, LeBron James sudah berhasil membawa timnya melaju ke Final NBA tiga kali berturut-turut. Satu dari tiga edisi Final NBA mampu dimenangkannya.

James memang tak harus membuat keputusan saat ini. Sebab dia masih menyisakan satu tahun masa kontrak dengan Cavs. James yang kini berusia 32 tahun sedang berdiri di persimpangan. Pasalnya Golden State Warriors yang saat ini jadi tim terbaik di liga sangat sulit dikalahkan, apalagi oleh Cavaliers. Bila Warriors dan Cavs kembali lagi ke Final NBA 2018 dan Cavs kalah lagi, maka tak ada pilihan bagi James untuk bertahan.

Memang bila kemungkinan tersebut terjadi, maka bukan akhir dari perjalanan karir James. Sebab dirinya adalah pemain hebat, tak sulit baginya untuk bisa mencari tim yang mau menggunakan jasanya.

Dalam cleveland.com disebutkan bahwa ada sumber tanpa nama yang mengatakan bahwa James saat ini sedang mempertimbangkan untuk pindah dari Cavs. Kota yang dituju kemungkinan besar adalah Los Angeles. Alasannya James memang punya rumah senilai 21 juta dolar Amerika di sana. Selain itu James juga punya perusahaan Hills Entertainment yang terpusat di Burbank. Tetapi tim yang akan jadi pelabuhan James berikutnya belum jelas, apakah LA Lakers atau LA Clippers.

Ada juga yang menghubungkan masa depan James nanti bergantung pada keputusan anaknya. James memiliki tiga orang anak dan putra tertuanya, LeBron Jr. akan masuk SMA dua tahun lagi. Keputusan James bisa dihubungkan dengan di mana LeBron Jr. akan bersekolah. Apakah di almamater ayahnya di St. Vincent-St. Mary atau memilih sekolah swasta bergengsi di Los Angeles.

Tetapi sepertinya, James masih menyimpan rasa penasaran. James ingin Cavs kembali tampil di Final NBA 2018 melawan Warriors lagi. Syaratnya, tidak terjadi hal-hal di luar kendali seperti cedera.

Situs berita ESPN menulis, saat James dan Kyrie Irving menginggalkan lapangan usai pertandingan kelima Final NBA, keduanya berpelukan. James mengatakan pada Kyrie,” Kita akan kembali, aku dan kamu, kita akan kembali lagi.”

James bermain dengan baik di Final NBA 2017. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah dengan rataan triple-double (33,6 PPG, 12,0 RPG, dan 10,0 APG). Tetapi jika pemain terbaik di dunia mengeluarkan permainan terbaik, tetapi tidak cukup untuk mengalahkan Warriors, maka apa yang akan terjadi?. Musim depan akan jadi musim yang berat bagi James. (*)

Foto: cleveland.com