News

3×3 Jadi Salah Satu Cabang Olahraga di Olimpiade Tokyo 2020

tW4xFSxWY46UlGSR (1)

8┬áJuni 2017, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyetujui masuknya basket 3×3 sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Olimpiade 2020 Tokyo. Keputusan tersebut diambil setelah IOC mengadakan eksibisi di Youth Olympic Games sejak 2010 silam.

Mengutip rilisan berita dari FIBA, IOC menilai bahwa 3×3 sudah jadi salah satu cabang olahraga yang banyak dimainkan saat ini. 3×3 menggunakan lapangan yang sangat ekonomis, sehingga cocok untuk lingkungan perkotaan, dan bisa dimainkan dimana saja. 3×3 juga dianggap sebagai olahraga tim nomor satu yang paling populer di kalangan anak muda.

“Intensitas dan ketrampilan bermain 3×3 sangat berkembang. Di olahraga ini tidak ada satu negara yang menguasai. Dalam artian, tidak ada kekuatan tradisional, seperti misalnya di sepak bola, basket 5 lawan 5, kriket atau cabang olahraga lain yang memang berkembang baik di satu negara,” kata Presiden FIBA, Horacio Muratore, seperti dilansir nba.com. “Keputusan IOC ini memberikan FIBA kekuatan untuk semakin mengembangkan 3×3. Sebab ini adalah olahraga yang bisa dimainkan semua kalangan, pria-wanita, baik di pulau kecil, negara besar sampai di setiap benua.”

Mark Tatum, NBA Deputy Commissioner & COO berkomentar bahwa pengumuman IOC untuk menyertakan 3×3 di Olimpiade 2020 merupakan berita bagus. Ini sekaligus menyiratkan bahwa semakin populernya bakset di seluruh dunia.

“Beberapa tahun terakhir, kami (NBA) telah melakukan gerakan besar di 3×3 dengan kompetisi Dew NBA 3x, lalu ada beberapa kompetisi 3×3 internasional yang juga kami selenggarakan di Amerika Serikat. Panggung Olimpiade ini akan memberikan kesempatan bagi atlet untuk bisa unjuk gigi di ajang pesta olahraga sedunia,” kata Tatum.

Tampaknya inilah yang disebut impian dari jalanan ke Olimpiade. Impian dari semua komunitas bola basket dan pemain 3×3 dari seluruh dunia telah terwujud. Sementara itu untuk sistem kualifikasi dan lokasi penyelenggaraan di Tokyo tahun 2020 akan diumumkan selanjutnya.

Pimyy5ogBkW1z0aXxjV9Zg

Foto: insidethegame.biz dan fiba.com