IBL

Tim Nasional Basket Indonesia berhasil mengumpulkan empat kemenangan beruntun di ajang SEABA 2017 yang berlangsung di Filipina. Terakhir, Indonesia menundukkan Vietnam dengan skor meyakinkan, 95-52, Senin malam waktu setempat.

Melawan Vietnam, kepala pelatih Indonesia, Wahyu Widayat Jati menurunkan pemain inti yang berisi Mario Wuysang, Diftha Pratama, Abraham Damar Grahita, Christian Ronaldo Sitepu dan Kevin Yonas Argadhiba Sitorus.

Indonesia langsung memimpin 19-10 di kuarter pertama. Dominasi Indonesia pun berlanjut di kuarter kedua, mereka sukses menambahkan 22 poin, sementara Vietnam kembali mengumpulkan 10 poin saja. Indonesia unggul 41-20 di paruh pertama.

Coach Cacing -sapaan akrab kepala pelatih tim Indonesia- sepertinya punya skenario berbeda. Kali ini ia memaksimalkan pemain yang muncul dari bangku cadangan. Hasilnya luar biasa, Indonesia menambahkan 54 poin, sedangkan Vietnam menghasilkan 32 poin. Indonesia akhirnya meninggalkan Vietnam dengan jarak poin yang cukup jauh. Bangku cadangan Indonesia cukup produktif dengan menghasilkan 51 dari 95 poin.

Berkaca dari catatan statistik, dua penembak jitu Indonesia menyumbang banyak poin. Andakara Prastawa Dhyaksa menghasilkan 19 poin termasuk lima dari delapan percobaan tembakan tiga angkanya masuk ke keranjang Vietnam. Kemudian ada Sandy Febiansyakh yang sukses memasukkan enam dari 10 percobaan tembakan tripoin. Sandy menyumbangkan 18 poin. Lalu Diftha Pratama menambahkan 12 poin dan Kevin Sitorus mencetak double-double dengan 10 poin dan 11 rebound.

Dengan kemenangan ini, Indonesia bertengger di puncak klasemen sementara dengan delapan poin. Dibawahnya ada Thailand dan Filipina. Posisi Indonesia memang belum sepenuhnya aman. Sebab Filipina masih menjalani tiga pertandingan.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Myanmar pada 17 Mei 2017. Lalu di partai terakhir, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina (18 Mei 2017).

Foto: Hari Purwanto

Komentar