IBL

Surabaya Fever sapu bersih tiga gelar juara seri di Kompetisi Basket Putri Indonesia 2017. Setelah menjuarai Seri 1 Bali, Seri 2 Pontianak, kemarin (22 April 2017) Fever sukses memasikan gelar juara di Seri 3 Semarang. Meski tak mudah, akhirnya Fever mampu menakhlukkan tuan rumah Sahabat Semarang dengan skor 71-61.

Seperti biasa, Fever kesulitan di awal laga. Seperti yang pernah dikatakan kepala pelatih Fever Wellyanto Pribadi sebelumnya, bahwa Fever memang punya masalah di awal-awal laga. Kelemahan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Sahabat. Mereka unggul 19-13 atas Fever di kuarter pertama. Hanya saja keunggulan tersebut tak mampu dipertahankan oleh Sahabat. Fever bangkit dan berbalik memimpin 36-32 di kuarter kedua.

Di paruh kedua, tampak Fever sudah menemukan irama permainan. Sementara Sahabat terlihat terburu-buru. Beberapa kali Natasha Debby Christaline dan Mariam Ulfah gagal memanfaatkan kesempatan. Padahal sebelumnya, di laga semifinal, Ulfah sangat tajam dengan tembakan tripoin yang mencapai 50 persen. 35 poin yang ditambahkan Fever di paruh kedua membuat mereka memenangi laga dengan skor 71-61.

Gabriel Sophia jadi tumpuan Fever dengan 28 poin dan 15 rebound. Lalu Mega Nanda Perdana Putri menyumbangkan 18 poin. Di kubu Sahabat, duet Natasha Debby Christaline dan Yuni Anggraeni menjadi pencetak poin terbanyak. Debby menghasilkan 28 poin, disusul Yuni dengan catatan 19 poin.

1492922126131

Sementara itu Merpati Bali menempati posisi ketiga setelah menang atas Tanago Friesian Jakarta, 53-30. Pertandingan ini memang berakhir dengan skor kecil. Pasalnya kedua tim juga tampil dengan jumlah pemain pas-pasan. Merpati hanya memainkan tujuh dari delapan pemain. Ini karena Jacklien Ibo belum sembuh benar dari cedera. Sedangkan Tanago hanya menurunkan enam pemain saja di laga ini.

1492922169011

Selanjutnya, kompetisi putri akan memasuki babak final. Di fase tersebut, empat tim terbaik dari tiga seri sebelumnya berhak tampil. Rencananya babak final Kompetisi Basket Putri Indonesia 2017 akan berlangsung di Surabaya pada bulan Mei 2017 mendatang.

Foto: Mei Linda

Komentar