IBL

Tuan rumah Sahabat Semarang berhasil melaju ke babak final Kompetisi Basket Putri Indonesia Seri 3. Di partai puncak nanti, mereka akan disambut oleh juara bertahan Surabaya Fever.

Tuan rumah di seri kali ini memang tampil luar biasa, mereka melaju tanpa hambatan meski di babak penyisihan mereka bertemu Merpati Bali. Sahabat juga mampu menundukkan penantang baru di semifinal, Tanago Friesian Jakarta.

Laga ini sangat timpang, lantaran Sahabat bisa unggul 30 poin (70-40). Akurasi tembakan Sahabat sangat tajam meski tidak berhasil dominan di paint area. Sebaliknya, Tanago yang fokus menjaga Yuni Anggraeni justru harus kebobolan dari tembakan tiga angka.

Sahabat mencetak 50 persen (13/26) tembakan tiga angka. Mereka juga berhasil memanfaatkan 18 turn over Tanago jadi 16 poin.

Mariam Ulfah jadi pemain terbaik dengan 21 poin. Tujuh dari 15 percobaan tembakan tiga angkanya tepat sasaran. Disamping itu ada Natasha Debby Christaline yang menyumbang 18 poin, diikuti Dyah Lestasi dengan 11 poin.

Sahabat_merpati53

Sahabat melaju lebih dulu ke final, lalu berikutnya giliran Surabaya Fever yang memastikan langkah ke laga puncak setelah menundukkan Merpati Bali, 67-55.

Laga ini mungkin sangat berat bagi Fever, sebab hingga kuarter ketiga mereka tertinggal 44-48. Strategi Merpati memaksa Fever untuk menembak dari luar garis tiga angka cukup efektif. Fever yang biasanya garang di paint area malah tak bisa masuk ke dalam.

Di kuarter keempat, Merpati tak bisa menahan Fever hingga akhir laga. Sebab mereka kehabisan tenaga karena hanya memainkan tujuh dari delapan pemain saja. Seperti yang kita tahu, tujuh pemain Merpati absen di Seri 3 Semarang. Sementara, Fever di kuarter keempat unggul 23-7 atas Merpati. Mereka pun bisa mengunci kemenangan. Gabriel Sophia mencetak 14 poin, diikuti Annisa Widyarni dengan 11 poin.

Laga final Kompetisi Basket Putri Indonesia Seri 3 Semarang dijadwalkan pada Sabtu, 22 April 2017. Pertandingan akan dimulai pada pukul 20.00 WIB di GOR Sahabat Semarang.

Foto: Mei Linda

Komentar