IBL

Rekor triple-double yang sebelumnya dipegang oleh Oscar Robertson sejak musim 1961-1962 akhirnya pecah hari ini,10 April 2016. Bertempat di rumah Denver Nuggets, Pepsi Center Denver, Colorado. Hari ini, Oklahoma City Thunder menjalani laga ke-80-nya hampir dengan kekuatan penuh. Tidak ada masalah cedera yang mendera para pemainnya. Dengan total kehadiran penonton sebanyak 19.718, mayoritas kemungkinan besar menunggu apakah Westbrook akan meraih triple-double-nya yang ke-42 dan memecahkan rekor Oscar Robertson. Bahkan mungkin tidak hanya fans Thunder yang mengharapkan rekor itu pecah.

e625034a4a4936a86f0c851ecd785aed

Saat pertandingan menyisahkan 4 menit 17 detik di kuarter 4, Westbrook membuat asis ke-10 yang ia kirimkan ke Semaj Christon untuk menjadi tripoin melengkapi triple-double ke-42-nya musim ini, sekaligus memecahkan rekor Robertson. Lebih istimewanya lagi, saat laga menyisakan waktu 2,9 detik, Kyle Singler yang melakukan inbound setelah timeout saat kedudukan 105-103 untuk Nuggets memberikan operan (pass) kepada Steven Adams yang beridir di luar garis tripoin dan sedang dalam pengawalan Mason Plumlee. Setelah itu datang Westbrook yang juga sedang dikawal sangat ketat oleh Jamal Murray yang kemudian melakukan pergerakan tanpa bola untuk membebaskan dirinya.

Setelah sedikit terbuka posisi Westbrook, Adams melakukan operan yang dengan gerakan catch and shoot dari jarak 36 kaki atau sekitar tiga langkah dibelakang garis tripoin, Westbrook melepaskan tembakan tepat sebelum buzzer berbunyi. Bola masuk!

Westbrook dan Thunder memenangkan laga dengan sebuah buzzer beater. Total 50 poin dan rekor NBA 42 triple-double dalam satu musim, dan mungkin masih bisa bertambah. Sontak semua penonton bersorak dan para pemain Thunder pun berhamburan memasuki lapangan. Tidak ada sorakan “MVP” seperti yang ia alami di Orlando sebelumnya, tapi hampir semua penonton berdiri dan memberikan baik sorakan ataupun tepuk tangan atas penampilan impresif seorang Westbrook. Selain 50 poin ,Westbrook juga menambahkan 16 rebound dan 10 asis.

Westbrook adalah pemain kedua setelah Oscar Robertson yang mencetak rataan triple-double dalam satu musim reguler. Westbrook juga berhasil melewati Wilt Chamberlain untuk jumlah triple-double sepanjang karir dengan total 79. Kemudian Westbrook juga mencetak tiga kali triple-double dengan raihan poin 50 atau lebih dan 8 kali dengan 40 poin atau lebih yang mana itu adalah terbanyak dalam catatan sejarah NBA.

Torehan 57 poinnya saat triple-double juga merupakan terbanyak dalam catatan triple-double seorang pemain. Westbrook juga pernah menctatakan triple-double dengan torehan field goal dan free throw 100 persen musim ini. Ditambah rekor 33 kali menang dan 9 kali kalah saat Westbrook mencatatkan triple-double adalah bukti betapa "monsternya" Westbrook.

Yang terakhir adalah fakta bahwa Westbrook telah berhasil membukukan minimal satu kali triple double kepada 27 tim yang ada di NBA. Keberhasilan Westbrook memecahkan rekor Big O (panggilan Oscar Robertson ) dan melakukan buzzer beater musim ini juga menarik beberapa pemain NBA untuk berkomentar melalui media sosial mereka masing-masing. Myles Turner dan Damian Lillard tidak ragu untuk menobatkan Westbrook sebagai MVP. LeBron James dan Kevin Love sama-sama mengucapkan selamat atas rekor terbaru yang dipecahkan Westbrook. Sementara Brandon Jennings membandingkan penampilan Westbrook dengan Kobe Bryant yang ia rasa sama-sama memiliki “mamba mentality”.

Tapi dari semua komentar itu yang paling menarik justru datang dari Kobe Bryant sendiri. Melalui akun twitternya, Kobe menyertakan tautan terkait statistik Westbrook dan kemudian memberikan komentar yang bertuliskan “Questions?”

Yap, itu harusnya diberikan kepada semua orang yang masih meragukan penampilan Westbrook untuk mendapatkan gelar MVP. Lihat statistik Westbrook dan apakah Anda masih memiliki pertanyaan siapakah MVP musim ini?

Foto: AP/Jack Dempsey, Yahoo.

Komentar