IBL

 

Hari kedua gelaran Indonesian Basketball League (IBL) 2017 Seri 8 Bandung memberi kejutan bagi penontonnya. Pasalnya, Bima Perkasa Yogyakarta berhasil memenangkan pertandingan melawan juara bertahan CLS Knights Surabaya 85-82 lewat drama overtime di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/3). Hasil itu sekaligus menjadi laga penutup yang manis bagi Bima Perkasa, karena mereka memang tidak lolos ke Playoff.

Tampil mengesankan, pemain asing Tyrell Corbin mencetak lebih dari setengah perolehan poin Bima Perkasa. Ia juga hampir mencetak triple-double dengan mengoleksi 50 poin, 11 rebound, dan 9 asis. Belum lagi ia berhasil memanfaatkan kesalahan lawan lewat 20 kali lemparan bebas. Sedikitnya ia memasukan 80 persen lemparan tersebut.

Menyusul Corbin di tempat pertama, Gjio Bain hadir dengan double-double 12 poin dan 15 rebound, disusul Yanuar Dwi Priasmoro dengan 11 poin. Sementara itu, CLS Knights yang bermain dengan satu pemain asing mendapat sumbangan 25 poin dan 12 rebound dari pemain anyar mereka, Ashton Smith. Bima Riski Ardiansyah ikut menyumbang 20 poin dari bangku cadangan. Sayang, hasil itu tidak membuat mereka memenangkan pertandingan.

Bermain pertama kali di seri ini, CLS Knights rupanya melakukan eksperimen dengan memberikan menit bermain lebih kepada cadangan. Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati juga mengistirahatkan peran Kaleb Ramot Gemilang dan Arif Hidayat. Gara-gara itu kekalahan jadi tak terelakkan. “Risiko dari eksperimen saya,” kata Wahyu selepas pertandingan.

Selain itu, masalah pelanggaran juga menjadi momok bagi tim asal Surabaya itu. Menurut Wahyu, timnya terlalu banyak melakukan pelanggaran yang tidak perlu. Pertahanan mereka pun mudah jebol. Dan hal itu ternyata berhasil dimanfaatkan Bima Perkasa dengan baik.

“Saya sudah habis-habisan memotivasi (pemain),” tutur Liem Jiang Rien, kepala pelatih Bima Perkasa. “Saya ingin main sampai akhir.”

Dengan semangat itu, Liem Jiang Rien mendorong timnya untuk tidak mengalah. Tidak heran Bima Perkasa kemudian berhasil memanfaatkan momentum yang mereka dapat di kuarter ketiga. Di kuarter keempat, mereka bahkan menyamai kedudukan 75-75. Hasilnya, pertandingan dilanjutkan ke overtime. Tim asal Jogjakarta itu kemudian menutup pertandingan dengan kemenangan 85-82.

Pada akhirnya, pertandingan ini menjadi penutup yang baik bagi Bima Perkasa. Setelah hanya menang satu pertandingan, mereka kini mengoleksi satu kemenangan lagi. Itu pun direbut dari Sang Juara. Maka selanjutnya, dengan kekalahan itu, CLS Knights harus menyiapkan timnya lagi. Mereka akan berhadapan dengan Hangtuah Sumatera Selatan, Minggu (19/2) di lokasi yang sama. Nantinya, dengan atau tanpa pemain asing, menurut Wahyu, timnya harus siap melawan siapa saja. Bahkan di Playoff sekali pun.

Hasil Pertandingan Hari 2 Seri 8 IBL 2017:

Bima Perkasa Jogjakarta 85-82 CLS Knights Surabaya

Pacific Caesar Surabaya 69-67 W88.news Aspac Jakarta

Pelita Jaya EMP Jakarta 91-57 Hangtuah Sumatera Selatan

Satria Muda Pertamina Jakarta – JNE Siliwangi Bandung

 

Foto: Hari Purwanto

Komentar