IBL

Kehadiran Fictor Gideon Roring atau yang akrab disapa Coach Ito di lapangan memang selalu menarik perhatian. Apalagi bila pria asal Manado itu tiba-tiba muncul di GOR Sahabat, Semarang, Sabtu malam. Sebab Coach Ito yang terakhir melatih Garuda Bandung di IBL 2016 sudah jarang muncul di lapangan basket. Bahkan banyak yang mengira bahwa ia sudah ada di luar negeri lagi.

Ternyata malam ini, pelatih yang sudah membawa Indonesia meraih medali perak SEA Games 2015 Singapura lalu, muncul dengan atribut yang cukup mengagetkan. Ia mengenakan seragam ofisial tim Pelita Jaya EMP Jakarta. Tentu saja, timbul pertanyaan, apakah Coach Ito jadi kepala pelatih Pelita Jaya?.

"Coach Ito langsung didatangkan oleh pemilik klub. Kalau tugasnya, akan jadi technical advisor saja. Mungkin di seri Jakarta akan lebih jelas lagi. Karena kami juga akan bertemu satu meja setelah seri Semarang," ujar Pak Cok, sapaan Ronald.

Coach Ito sejatinya bukan "orang lain" di Pelita Jaya. Sebab ia mengawali karir di basket profesional di tim ini. Ia pernah mengantarkan Pelita Jaya menjuarai Kobatama di musim 1991-1992. Jadi banyak yang bilang bahwa coach Ito kembali ke rumahnya.

"Ya memang saya saat ini di Pelita Jaya, soal tugasnya nanti akan tahu sendiri lah. Yang pasti tim ini memang jadi tim pertama saya di basket profesional. Senang bisa kembali ke sini," ujar coach Ito, sembari tersenyum.

Foto: Hari Purwanto

Komentar