News

Satria Muda Target Juara

smp-jakarta-mainbasket

Satria Muda Pertamina Jakarta mematok target pada IBL 2017. Keyakinan tersebut berdasar pada perombakan komposisi pemain. Kini SM siap merebut kembali tahta yang sempat musim lalu jatuh ke tangan CLS Knights Surabaya.

Tim Satria Muda untuk IBL 2017 resmi diperkenalkan hari ini, Rabu (11 Januari 2017). Wajah-wajah baru terlihat mengisi roster musim ini.

Pertama tentu saja kepala pelatih SM. Kali ini manajemen mempercayakan jabatan tersebut kepada Youble Sondakh. Mantan pemain legendaris SM itu memang sudah sejak 2013 lalu menempati posisi asisten pelatih. Kini ia sudah dipercaya menangani tim secara langsung.

Di sisi pemain, SM kedatangan tiga pemain muda berbakat yakni M. Rizal Falconi, M. Dhiya Ul’haq dan Laurentius Steven Oei. Tim ini juga diperkuat dua pemain asing asal Amerika Serikat, Tyreek Jewell (PG/SG) dan Carlos Smith (PF). Sedangkan yang terpenting, dua pemain SM yang cedera sudah kembali pulih, yakni Vamiga Michel dan Christian Ronaldo Sitepu.

“Usia mereka memang masih muda, tapi dengan komposisi tim saat ini kami yakin mereka bisa saling melengkapi dan solid. Kami juga berharap adanya dua pemain asing bisa semakin melengkapi tim untuk bisa merebut kembali gelar juara,” ungkap Riska Natalia Dewi, Manajer SM seperti dikutip dari siaran pers.

Adanya sistem baru yang diterapkan oleh penyelenggara liga dengan penggunaan masing-masing dua pemain asing untuk setiap tim, memang diprediksi akan mengubah peta kekuatan tim. Namun kepala pelatih SM, Youbel Sondakh, tetap optimistis dapat kembali merebut gelar juara.

“Dengan adanya penggunaan pemain asing setiap tim memang memiliki kesempatan yang sama besar untuk jadi juara. Bisa jadi peta kekuatan tim akan berubah, semua bisa saling mengalahkan. Tapi saya tetap optimis dengan tim ini bisa bersaing dan bicara banyak di liga. Sejak dulu tradisi tim ini adalah menjadi juara, dan saya mau kami kembali kampiun musim ini. Untuk itu saya menekankan pentingnya mental juara kepada anak-anak. Bagaimana mereka menunjukkan semangat tidak mau kalah dan berjuang sampai akhir. Saya percaya kalau semua itu sudah tertanam dengan baik, soal teknik, fisik dan hal lainnya bukan lagi jadi masalah,” kata Youbel.

Foto: Satria Muda Pertamina Jakarta