IBL

Publik basket di Surabaya dimanjakan dengan suguhan turnamen berkelas Asia pada 14 hingga 16 November 2008. Empat tim berlaga di turnamen itu: CLS Knights Surabaya, Bhinneka Solo, Shanxi Coal Company (Tiongkok) dan Segamat Waki Johor (Malaysia). Itulah Surabaya International Challenge (SIC) yang digelar Jawa Pos yang berkolaborasi dengan Nuvo CLS Knights saat itu. Sebelumnya, Jawa Pos juga pernah menggelar turnamen-turnamen serupa.

Setelah sekian lama vakum menggelar turnamen basket bergengsi, bulan ini Jawa Pos hadir kembali memanjakan publik basket tanah air dengan menghadirkan turnamen basket bergengsi. Jawa Pos akan menyelenggarakan turnamen bertajuk Jawa Pos Honda Pro Tournament 2016. Seluruh pertandingan akan berlangsung di DBL Arena Surabaya pada tanggal 9 hingga 17 Desember 2016.

Jawa Pos dan grup memang memiliki komitmen besar dalam mengembangkan olahraga di tanah air. Turnamen ini bertujuan untuk memperluas partisipasi para pencinta basket tanah air. Jawa Pos melihat masih ada potensi dari tim-tim basket tanah air yang sebenarnya memiliki kualitas, namun belum tertampung di liga basket profesional. Turnamen ini mencoba memberikan wadah bagi mereka.

Jawa Pos sendiri juga terkenal selalu menyediakan porsi besar untuk halaman olahraga sekaligus terlengkap. ''Dan, di penghujung 2016 ini kami ingin menyuguhkan laga basket dengan kualitas tertinggi untuk para penggemar,'' ucap Komisaris Utama Jawa Pos Group Azrul Ananda.

''Turnamen ini kami buat karena sebelumnya ada permintaan dari beberapa tim IBL. Saat final Honda DBL East Java Series lalu, ada enam tim yang datang di saya meminta hal itu. Ini adalah jawaban atas permintaan tersebut,'' imbuhnya.

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 akan diikuti 12 tim. Terdiri atas beberapa tim liga profesional Indonesia dan tim-tim lain yang siap bersaing di level tinggi basket Indonesia. Turnamen bakal semakin seru karena setiap kontestan diperbolehkan untuk menggunakan (maksimum) dua pemain asing.

Tim profesional yang jadi kontestasn di turnamen ini adalah Aspac Jakarta, Stadium Jakarta, NSH Jakarta dan Pacific Surabaya. Sementara itu ada beberapa tim asal Kota Surabaya seperti Mahameru, LT Man Go Skate, BBM Viking. Sementara ada dua tim dari luar Jawa yakni Makassar Warriors dan Flying Wheel Makassar.

Turnamen ini semakin istimewa karena juara akan mendapatkan trofi Piala Menpora. Selain itu tim juara juga berhak membawa pulang hadiah spesial, yakni sebuah mobil New Honda Brio Satya. Masih ada lagi. Pemain terbaik atau Most Valuable Player mendapatkan satu unit motor Honda Vario Techno 125.

"Jadi, ini adalah turnamen atau kompetisi basket pertama kali di Indonesia yang hadiahnya adalah mobil," tambah Azrul Ananda.

Komentar