IBL

Pada Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016, setiap tim peserta boleh menggunakan jasa pemain asing maksimal dua orang. Sedangkan pemain naturalisasi dalam turnamen itu juga tetap dianggap sebagai pemain asing. Aturan ini yang membuat tim-tim berlomba-lomba menambahkan legiun asing untuk memperkuat tim masing-masing.

Pacific Surabaya misalnya. Mereka mendaftarkan dua pemain asing. Kevin Loiselle asal Kanada dan Dior Alexadros Lowhorn dari Amerika Serikat. Kevin sudah tampil bersama Pacific di dua turnamen terakhir tahun ini yakni Perbasi Cup 2016 dan Flying Wheel Cup 2016 di Makassar. Loiselle bukan pemain sembarangan. Dia pernah ambil bagian di liga basket profesional Kanada, NBL Kanada, selama lima musim. Yang luar biasa, forward dengan tinggi 198 cm itu dua kali merasakan gelar juara dalam periode tersebut bersama Windsor Express. Setelah semusim bermain untuk London Lightning, mulai musim ini dia membela Halifax Hurricanes

''Basket tetaplah basket. Di mana pun itu, dibutuhkan kekuatan dan skill untuk menang. Aku mulai senang bertanding di Indonesia!'' tuturnya.

Sementara itu, Lowhorn merupakan pemain terbaik di dua turnamen tersebut. Ia menjadi MVP di Perbasi Cup saat tampil bersama Satria Muda Jakarta sekaligus mempersembahkan gelar juara. Lalu di Flying Wheel Cup, Lowhorn juga sukses membawa pulang gelar juara bersama Gading Sakti Basketball Club (GSBC) Jakarta.

Tim lain yang memakai jasa pemain asing adalah Mawar Sharon. Mereka memasukkan nama Jarron Crump asal Amerika Serikat (AS) Crump sudah mempunyai beberapa pengalaman tampil di kompetisi basket tanah air. Di ajang Perbasi Cup dan Flying Wheel Cup Makassar tahun ini, dia memperkuat CLS Knights Surabaya. ''Basket di Indonesia sedang berkembang. Aku suka bisa menjadi bagian dari perkembangan basket di sini,'' ucap pemain berusia 24 tahun itu.

Crump yang berposisi shooting guard juga memiliki keahlian menghibur penonton dengan gerakan slam dunk yang atraktif. Pada ajang Slam Dunk Contest Loop 3x3 Competitions di Tunjungan Plaza Oktober lalu, dia membuat penonton bergemuruh dengan aksi one-handed dunk memutar 180 derajat. ''Ya, saat itu rasanya luar biasa. Aku harap bisa mendapatkan atmosfer yang juga luar biasa di DBL Arena nanti,'' ungkap pemain asal Texas tersebut.

Mahameru Surabaya juga mendatangkan dua pemain asing, yakni Bryton Flint yang pernah memperkuat University of the Ozarks di NCAA, dan Olaide Adeogun, pemain muda asal Nigeria yang pernah bermain di Filipina bersama San Beda College.

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 akan bergulir pada 9-17 Desember 2016. Turnamen ini diikuti 12 tim yang bakal dibagi dua grup. Dari masing-masing grup, akan diambil dua wakil untuk melanjutkan laga ke semifinal dan final. Mulai hari ini seluruh tim peserta diulas satu per satu secara spesial di koran Jawa Pos dan juga hadir di mainbasket.com.

Tim-tim yang berpartisipasi di Jawa Pos Honda Pro Tournament 2016 adalah

1. Aspac Jakarta 2. Stadium Jakarta 3. NSH Jakarta 4. Pacific Surabaya 5. Satya Wacana Salatiga 6. BBM Viking Surabaya 7. Papas Surabaya 8. Mawar Sharon Surabaya 9. LT Men Go Skate Surabaya 10. Mahameru Surabaya 11. Makassar Warriors 12. Flying Wheel Makassar

Komentar