IBL

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 memasuki detik-detik terakhir menuju tip-off laga pertama. Besok (Jumat, 9 Desember 2016) turnamen ini akan mulai bergulir. Oleh karena itu, Kamis, 8 Desember 2016 digelar jumpa pers yang berlangsung di Honda Surabaya Center.

Jumpa pers ini dihadiri oleh Azrul Ananda selaku Komisaris Utama Jawa Pos Group, Ang Hoey Tiong (President Director PT Istana Mobil Surabaya Indah - Honda Surabaya Center), dan tiga orang pemain yakni Dimaz Muharri (BBM Viking), Jarron Crump (Mawar Sharon Eagles) dan Kevin Loiselle (Pacific Caesar Surabaya).

Digelarnya turnamen ini, menurut Azrul Ananda bukan merupakan liga tandingan atau semacamnya. Alasan utama digelarnya Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 adalah untuk memberikan panggung yang layak bagi banyak klub yang memiliki potensi tak kalah hebat dengan tim-tim yang berlaga di liga profesional.

"Karena liganya lagi banyak pertanyaan, maka kami juga mendapatkan banyak pertanyaan saat menggelar turnamen ini. Namun kami tidak punya niatan bikin liga, kami ingin semakin meramaikan basket Indonesia," kata Azrul.

Namun bila kenyatannya beberapa tim punya sumber daya lebih bagus dibandingkan kontestan liga, menurut Azrul itu jadi pertanda baik buat basket Indonesia. Sebab di tengah kesulitan yang dihadapi tim-tim papan atas justru banyak tim yang ternyata ingin tampil.

"Kami berterima kasih kepada 12 tim. Banyak bintang yang akan tampil seperti Kelly Purwanto, Andi Batam, Ari Chandra, Dimaz Muharri, Xaverius Prawiro, mereka akan mengobati kerinduan penggemarnya," lanjut Azrul. "Sebenarnya para pemain dan tim-tim ini hanya menunggu panggungnya saja. Kalau ada panggung yang menurut mereka bagus, maka mereka akan tampil. Semoga panggung yang kami buat bersama Honda ini, jadi panggung yang baik buat mereka dan basket Indonesia."

Dimaz Muharri sebagai salah satu bintang basket tanah air yang akan tampil di turnamen ini. Meski sudah memutuskan untuk berhenti dari basket profesional, namun kehadiran Dimaz punya daya tarik tersendiri. Banyak penggemar yang masih merindukan penampilannya di lapangan.

"Pertama memang saya pikir dulu, ya sudah saya terima tawaran BBM. Akhirnya saya latihan lagi dan di turnamen ini saya harap bisa memberikan yang terbaik bagi penonton Surabaya," kata mantan bintang CLS Knights itu. "Banyak juga pemain-pemain lain yang juga menunjukkan penampilan terbaiknya."

Sementara itu, di acara jumpa pers ini juga hadir dua pemain asing yang akan tampil. Kevin Loiselle yang membela Pacific Caesar Surabaya dan Jarron Crump yang bergabung dengan Mawar Sharon Eagles.

Kevin punya beban yang cukup berat kali ini. Ia harus mendongkrak penampilan Pacific Caesar yang notabene salah satu penghuni dasar klasemen di IBL dan NBL Indonesia dulu. Namun ia datang bukan hanya sebagai pemain bayaran, Kevin lebih dari itu, juga mau memberikan pelajaran basket kepada pemain-pemain Pacific.

"Sebenarnya basket itu mudah, kalian cukup bermain dengan apa yang kamu bisa. Kamu bisa shooting, lakukan dengan baik. Kamu bisa passing, lakukan itu dengan baik juga. Sementara di Indonesia banyak pemain yang mempersulit diri sendiri," kata Kevin yang sudah dua kali tampil bersama Pacific Caesar Surabaya tahun ini di Perbasi Cup dan Flying Wheel Cup.

Soal antusiasme basket Indonesia, Jarron Crump punya jawabannya. Ia sangat menikmati bermain di Indonesia. Para penggemar membuatnya semakin bersemangat untuk tampil. Namun lebih dari itu, Jarron ingin menginspirasi pemain-pemain Indonesia.

"Mereka melihat saya mampu bermain dan melompat dengan baik, maka mereka ingin seperti saya. Mungkin itu yang membuat saya semakin bersemangat. Soal penggemar, media dan apa pun itu, saya sudah terbiasa dengan itu sejak sekolah dulu. Mungkin saya akan membiasakan diri dengan media di Indonesia," ucap Jarron sembari tertawa.

Sementara itu Ang Hoey Tiong, president director PT Istana Mobil Surabaya Indah (Honda Surabaya Center), distributor utama mobil Honda wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, mengungkapkan kebanggaannya bisa kembali berkontribusi untuk basket Indonesia. Menurut dia, semangat yang diusung basket dengan produk Honda selama ini selalu seirama. Yakni menyalurkan semangat positif anak muda Indonesia.

"Antusiasne penonton basket itu begitu luar biasa. Terutama anak muda. Tidak heran jika basket saat ini jadi olahraga nomor satu buat anak muda di Indonesia," ucap Ang Hoey Tiong.

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 sangat istimewa. Selain memperebutkan trofi turnamen ini, tim juara juga berhak atas Piala Menpora RI. Tidak sampai di situ, tim juara nanti juga berhak membawa pulang hadiah spesial, yakni sebuah mobil New Honda Brio Satya. Masih ada lagi. Itu ditambah dengan sebuah motor Honda Vario Techno 125 untuk most valuable player (MVP).

"Jadi, ini adalah turnamen atau kompetisi basket pertama kali di Indonesia yang hadiahnya adalah mobil," tutur Azrul Ananda. "Bagi saya misi utama di basket itu partisipasi. Semakin banyak tim, semakin baik buat basket Indonesia."

Foto: Purnama Aditya

Komentar