IBL

Dari dua turnamen yang digelar akhir tahun ini, Pacific Caesar Surabaya tampil luar biasa. Mereka berada di peringkat kelima Perbasi Cup 2016, lalu posisi kedua di Flying Wheel Cup Makassar 2016.

''Setelah melewati dua kejuaraan sebelumnya, tentunya kami sekarang lebih kompak,'' Manajer Pacific, Ady Hari Saputro.

Meskipun di liga (IBL 2016) mereka jadi juru kunci, di turnamen-turnamen Pacific bukan tim yang boleh dianggap remeh. Apalagi, tim asal Kota Pahlawan itu sangat jeli memilih legiun asing untuk menambah kekuatan tim ini. Seperti di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 yang akan berlangsung 9 hingga 17 Desember mendatang. Pacific menambah dua pemain asing untuk mendongkrak penampilan.

Pemain yang didatangkan pertama adalah Kevin Loiselle. Pemain asal Kanada itu saat ini sudah bergabung dengan pemain Pacific lainnya untuk mempersiapkan diri. Forward 28 tahun itu tercatat pernah masuk NBL All-Star Kanada pada 2014. ''Aku siap membantu Pacific mendapat hasil terbaik!'' kata pemain yang pernah merasakan gelar juara NBL Kanada dua kali bersama tim Windsor Express tersebut.

Sedangkan satu lagi pemain yang akan masuk roster adalah Dior Alexandros Lowhorn asal Amerika Serikat (AS). Di dua turnamen sebelumnya (Perbasi Cup dan Flying Wheel Cup) ia sukses menjadi Most Valuable Player (MVP). Dior yang sangat dominan di paint area diharapkan bisa membantu Pacific untuk bisa merebut Piala Menpora. Sementara itu, untuk pemain-pemain lokal, Pacific bakal menurunkan pemain inti seperti center Dian Heryadi, shooting guard Reiner Hutasoit, maupun power forward Muhammad Wardhana. ''Semua tim inti kami bawa," ujar Ady.

Meski begitu, keinginan menjadi juara di kota sendiri bukan perkara mudah. Sebab, Dian Heryadi dan kawan-kawan bakal turun di grup A. Grup tersebut bisa dibilang neraka. Di sana bercokol tiga klub profesional lainnya seperti Aspac Jakarta, Stadium Jakarta, dan NSH Jakarta.

Dua tim lain di grup itu juga tak boleh dianggap enteng. Mawar Sharon Eagles Surabaya akan membawa beberapa pemain profesional tanah air seperti duo Bimasakti Malang, Restu Dwi Purnomo dan Freddy Chen. Plus penggawa asing, Jarron Crump.

Sementara itu, LT Men Go Skate Surabaya datang dengan diperkuat para mantan pemain profesional semacam Eko Sasmito, Priyo Sembodo, maupun Dicky Satria Wibisono. ''Justru semakin bagus (Pacific tergabung di grup A),'' ucap Ady. ''Ini akan membuat pemain kami harus bermain sebaik mungkin sejak pertama. Di akhir kompetisi, evaluasinya juga akan jelas."

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 akan bergulir pada 9-17 Desember 2016. Turnamen ini diikuti 12 tim yang bakal dibagi dua grup. Dari masing-masing grup, akan diambil dua wakil untuk melanjutkan laga ke semifinal dan final. Mulai hari ini seluruh tim peserta diulas satu per satu secara spesial di koran Jawa Pos dan juga hadir di mainbasket.com.

Tim-tim yang berpartisipasi di Jawa Pos Honda Pro Tournament 2016 adalah

1. Aspac Jakarta 2. Stadium Jakarta 3. NSH Jakarta 4. Pacific Surabaya 5. Satya Wacana Salatiga 6. BBM Viking Surabaya 7. Papas Surabaya 8. Mawar Sharon Surabaya 9. LT Men Go Skate Surabaya 10. Mahameru Surabaya 11. Makassar Warriors 12. Flying Wheel Makassar

Foto: thepioneeronline.com

Komentar