IBL

Aspac Jakarta menjadi salah satu tim kontestan IBL 2017 yang tampil di turnamen Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016. Tim besutan Antonius Ferry Rinaldo itu siap berlaga dengan kekuatan penuh.

Tiga punggawa Aspac, Andakara Prastawa Dhyaksa, Oki Wira Sanjaya dan Ebrahim "Biboy" Enguio Lopez sudah kembali dari Training Camp (TC) Tim Nasional Basket Indonesia proyeksi SEA Games 2017 yang berlangsung di Batam. Ketiganya sudah siap bergabung dengan rekan-rekannya. Selain itu Aspac juga akan diperkuat Anthony Ray Hargrove Jr., center naturalisasi asal Amerika Serikat.

"Ini turnamen bagus, sekaligus persiapan kami menjelang IBL musim depan," kata Antonius Joko Endratmo selaku asisten pelatih Aspac.

Aspac adalah salah satu klub basket yang punya sejarah panjang di basket tanah air. Klub ini berdiri tahun 1986. Mereka juga selalu tampil di kompetisi basket tertinggi di Indonesia, sejak 1987, Aspac memelihara tradisi untuk tetap ada di papan atas. Di era NBL Indonesia, Aspac dua kali membawa pulang gelar juara yakni pada tahun musim 2011-2012 dan 2012-2013.

Bermain di Surabaya membawa kesan tersendiri bagi center Aspac, Kristian Liem. Ia pemain asli Jawa Timur yang kini tinggal di Surabaya. Liem menyatakan sudah tak sabar ingin bisa bermain di DBL Arena.

"Pride-nya selalu lebih setiap tampil di rumah sendiri,'' ucapnya. "Kali ini kami lebih siap tampil karena Prastawa sudah kembali, lalu Anthony juga sudah bisa main. Itu membuat kami jauh lebih siap."

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016 akan bergulir pada 9-17 Desember 2016. Turnamen ini diikuti 12 tim yang bakal dibagi dua grup. Dari masing-masing grup, akan diambil dua wakil untuk melanjutkan laga ke semifinal dan final. Mulai hari ini seluruh tim peserta diulas satu per satu secara spesial di koran Jawa Pos dan juga hadir di mainbasket.com.

Tim-tim yang berpartisipasi di Jawa Pos Honda Pro Tournament 2016 adalah

1. Aspac Jakarta 2. Stadium Jakarta 3. NSH Jakarta 4. Pacific Surabaya 5. Satya Wacana Salatiga 6. BBM Viking Surabaya 7. Papas Surabaya 8. Mawar Sharon Surabaya 9. LT Men Go Skate Surabaya 10. Mahameru Surabaya 11. Makassar Warriors 12. Flying Wheel Makassar

Foto: Hari Purwanto

Komentar