IBL

Hari pertama gelaran FIBA 3x3 World Tour Final 2016 di Abu Dhabi, 27 Oktober 2016, berlangsung sengit. Bertanding di kawasan Abu Dhabi International Tennis Complex di Zayed Sports City, 12 tim bersaing ketat. Tim-tim unggulan sukses melaju ke babak delapan besar.

Unggulan pertama, Novi Sad Al Wahda dari Uni Emirat Arab melaju mulus setelah memenangi dua laga di babak penyisihan di grup A. Dusan Bulut dan rekan mengalahkan Belgrade dari Serbia (17-14) dan wakil Rusia, St. Petersburg (16-10). Kemenangan di dua laga ini cukup berat mengingat di Belgrade ada Dragan Bjelica yang jadi saingan Dusan Bulut di Serbia. Meski kalah, Belgrade lolos ke delapan besar juga.

Di grup B, tim asal Slovakia, Ljubljana yang merupakan unggulan kedua juga berhasil menembus babak delapan besar dengan mudah. Mereka mengalahkan juara Mexico DF World Tour Masters, tim Chicago, Amerika Serikat dengan skor 20-16. Lalu kemenangan kedua didapat setelah menang atas wakil Brazil, Sao Paulo DC dengan skor tipis 19-18. Ljubljana lolos ke delapan besar didampingi Chicago sebagai runner-up.

Kejutan besar datang dari grup C. Di luar dugaan, wakil Jepang, Hamamatsu menundukkan Piran dari Slovakia dan Gdansk dari Polandia. Keduanya merupakan tim yang masuk 10 besar unggulan. Namun Hamamatsu melumat mereka dengan menang 19-18 atas Piran, dan melumat Gdnask, 21-12. Hamamatsu dan Piran yang akhirnya lolos ke delapan besar.

Lagi-lagi di 3x3 semua bisa terjadi. Unggulan terakhir alias urutan ke-12, Caguas dari Puerto Rico bisa jadi juara grup D. Tak tanggung-tangung, mereka mengalahkan unggulan kelima Kranj dari Slovakia, 21-20. Lalu menang telak atas Saskatoon dari Kanada, 21-13 yang menjadi unggulan keempat. Jangan lupa, Caguas punya Jonathan Garcia, pemain yang memenangi edisi pertama FIBA 3x3 World Tour Final (2012). Ia saat itu bergabung dengan tim San Juan.

Babak delapan besar, semifinal sekaligus final akan berlangsung hari ini (28 Oktober 2016). Pertandingan akan dimulai pukul 20.00 WIB. Laga-laga seru ini bisa disaksikan secara streaming lewat channel youtube maupun di fiba.com.

Tim-tim yang berhadapan di delapan besar yakni, Novi Sad Al Wahda (Uni Emirat Arab) akan melawan Kranj (Slovakia). Hamamatsu (Jepang) melawan Chicago (Amerika Serikat). Kemudian dua tim dari Slovakia saling berhadapan, Ljubljana dan Piran. Terakhir akan bertemu Caguas dari Puerto Rico melawan Belgrade dari Serbia.

Bila dilihat dari bagan delapan besar, maka Novi Sad Al Wahda bisa berpeluang masuk final. Sebab, bila mereka bisa mengalahkan Kranj, maka akan berhadapan dengan Hamamatsu atau Chicago. Seperti yang kita tahu, Dusan Bulut dan kawan-kawan baru saja menang di Kejuaraan Dunia FIBA 3x3. Saat itu di final mereka mengalahkan Amerika Serikat, tiga pemain tim ini sekarang ada di tim Chicago. Namun kembali lagi, di 3x3 kejutan bisa saja terjadi.

Foto: fiba.com

Komentar