IBL

Tim putra Serbia dan tim putri Republik Ceko sukses mendapatkan medali emas di edisi ketiga Kejuraan Dunia FIBA 3X3 di Guangzhou, Tiongkok, pada 11 hingga 15 Oktober 2016.

Serbia memang boleh disebut sebagai raja 3X3 dunia. Mereka meraih medali emas di Kejuaraan Dunia 3X3 2012 di Yunani dan medali perak pada edisi kedua di Rusia. Kali ini, di Tiongkok, Dusan Domovic Bulut dan kawan-kawan kembali tampil dominan.

Serbia memastikan medali emas setelah mengalahkan tim putra Amerika Serikat dengan skor 21-16. Pemain 3X3 nomor satu dunia, Dusan Domovic Bulut dan ketajaman Dejan 'The Maestro' Majstorovic menghasilkan 16 poin di pertandingan ini. Sementara itu, big man Serbia, Marko Savic berkontribusi empat poin. Sedangkan pemain spesialis bertahan, Marko Zdero menyumbang satu poin. Di kejuaraan ini, Dusan Bulut menjadi pencetak angka terbanya dengan 58 poin. Ia juga merebut gelar Most Valuable Player (MVP).

Tim Amerika Serikat harus puas dengan medali perak. Stefhon Hannah mencetak enam poin, disusul Myke Henry yang menyumbang lima poin. Penembak jitu Amerika Serikat, Alfonso McKinnie hanya mampu menambahkan tiga poin. Sedangkan Kavon 'Happy Feet' Lytch mencetak dua poin. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Slovenia setela mengalahkan Spanyol, 17-16.

Di kategori putri, tim unggulan kelima, Republik Ceko menjadi juara setelah mengalahkan Ukraina dengan skor telak 21-11. Sara Krumpholcova dari Repulik Ceko mencetak delapan poin di laga final. Ia adalah MVP FIBA 3X3 U18 Eropa. Sementara itu rekannya, Michaela Uhrova menjadi MVP di Kejuaraan Dunia FIBA 3X3 2016 kategori putri. Michaela adalah pemain Republik Ceko yang sudah pernah dua kali tampil di Olimpiade.

Tim putri Amerika Serikat mendapatkan medali perunggu setelah mengalahkan Spanyol, 20-14. Ini menjadikan Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara yang meraih medali di kategori putra dan putri.

Selain pertandingan 3X3, beberapa pemain juga sukses menjadi yang terbaik di kontes individu. Alexandra Theodorean dari Hungaria memenangi medali emas untuk kontes keterampilan putri (Skill Contest). Disusul Marta Fodor (Rumania) mendapatkan perak dan Georgia Agnew (Selandia Baru) meraih perunggu.

Di kontes menembak (Shoot-Out Contest), Malaikat Santana asal Rumania mendapatkan medali emas. Paula Palomares (Spanyol) meraih perak, sementara Natalie Romeo (USA) mendapat perunggu.

Lalu di kontes paling bergengsi, Dunk Contest, Dmitry 'Smoove' Krivenko (Ukraina) berhasil mendapatkan emas setelah memukau penonton dengan gerakan akrobatik. Alfonzo McKinnie membawa Amerika Serikat kembali mendapatkan medali setelah ia memastikan medali perak di kontes dunk. Lalu, Marco Favretto (Italia) yang meraih perunggu.

Foto: fiba.com

Komentar