IBL

Perjuangan tim nasional Indonesia di Kejuaraan Dunia FIBA 3X3 2016 terhenti. Tim putra gagal setelah kalah dari Uruguay dan harus puas di peringkat ketiga klasemen. Sedangkan tim putri, tak pernah memetik kemenangan dari empat laga babak penyisihan.

Perjalanan tim putra Indonesia cukup mengejutkan. Di laga pertama (12 Oktober 2016) Fandi Andika Ramadhani, Vinton Nolland Surawi, Rivaldo Tandra Pangesthio dan Laurentius Steven Oei, menundukkan Andorra dengan skor 20-19. Banyak yang tak menyangka bahwa tim Indonesia mampu menang dari tim Eropa yang punya postur lebih tinggi. Lalu Indonesia kalah dari Slovenia dengan skor telak 7-21.

Di laga ketiga (14 Oktober 2016), Indonesia kembali menjaga asa untuk bisa lolos ke delapan besar. Kali ini Fandi Andika Ramadhani dan kawan-kawan bertemu tim Mesir. Pertandingan ini sangat menegangkan. Sebab Indonesia sempat tertinggal hingga menit-menit akhir laga.

Indonesia tertinggal 18-19 di sisa 25 detik. Lalu tembakan dua angka Rivaldo Tandra Pangesthio membalikkan keadaan, 20-19 untuk keunggulan Indonesia. Melalui serangan di paint area, Mesir berhasil menyamakan kedudukan, 20-20. Akhirnya Indonesia memastikan kemenangan setelah unggul 21-20 lewat Vinton Nolland Surawi memanfaatkan assist dari Rama.

Indonesia pun menjalani laga hidup mati melawan Uruguay. Laga ini jadi penentu kedua tim. Indonesia sejatinya bisa memberikan perlawan, namun akhirnya kalah dengan skor 15-21. Hasil ini membuat Indonesia gagal melaju ke delapan besar. Sebab secara head-to-head mereka kalah dari Uruguay, meski sama-sama mengoleksi dua kemenangan.

Sementara itu, tim putri Indonesia finis di dasar klasemen. Ini karena Yuni Anggraeni, Fanny Kalumata, Natasha Debby Christaline dan Raisa Aribatul Hamidah kalah di empat laga babak penyisihan. Pertama mereka kalah dari Polandia, 11-22. Lalu menyerah dari Belanda, 11-20. Di hari kedua (14 Oktober 2016), Indonesia juga menelan dua kali kalah, yakni dari Ukraina, 14-21 dan Selandia Baru, 18-20.

Kejuaraan Dunia FIBA 3X3 2016 masih berlanjut. Di sektor putra delapan tim akan saling berhadapan dengan sistem gugur. Di grup A, Serbia dan Qatar yang berhasil lolos. Slovenia dan Uruguay menjadi wakil dari grup B. Dua tim yang lolos dari grup C adalah Spanyol dan Hungaria. Sedangkan Amerika Serikat dan Belanda menjadi tim yang lolos dari grup D.

Di kategori putri, delapan tim yang lolos juga merupakan unggulan teratas. Belanda dan Ukraina dari grup A berhasil menembus babak delapan besar. Disusul Hungaria dan Argentina mewakili grup B. Amerika Serikat dan Spanyol lolos setelah menduduki peringkat satu dan dua di grup C. Dua tim terakhir yang lolos dari grup D adalah Perancis yang merupakan unggulan keempat dan Republik Ceko. Semua pertandingan babak delapan besar, semi-final dan final digelar hari ini, Sabtu (15 Oktober 2016).

Foto: fiba.com

Komentar