IBL

Kejuaraan Dunia FIBA 3X3 2016 merupakan ajang yang mempertemukan pemain-pemain 3X3 hebat dari seluruh dunia. Kejuaraan ini berlangsung di pelataran Tianhe Sports Complex, Guangzhou, Tiongkok, pada 11 hingga 15 Oktober 2016. Ini merupakan edisi ketiga dari turnamen akbar basket 3 lawan 3 tersebut.

Berbeda dengan FIBA 3X3 World Tour yang digelar secara terbuka, di Kejuaraan Dunia 3X3, pemain tidak boleh membuat tim sendiri. Mereka dipilih dan dikirim oleh federasi basket nasional masing-masing negara. Jadi mereka bermain mewakili negara bukan kota atau klub. Semua pemain yang tampil di Kejuaraan Dunia 3X3 harus memiliki kewarganegaraan dari negara yang mereka wakili.

Sebagai salah satu persyaratannya, pemain yang berlaga di Kejuaraan Dunia 3X3 harus terdaftar pada 3x3planet.com dan telah bermain di minimal dua turnamen 3X3 yang telah disahkan oleh FIBA.

Turnamen ini diikuti oleh 40 tim putra dan putri dari 28 negara, termasuk Indonesia. Kategori yang ditandingkan adalah Turnamen 3X3 Putra, Turnamen 3X3 Putri, Kontes 3 Point Shoot-Out (campuran), Skills Contest (Putri) dan Dunk Contest (Putra).

Delapan pemain basket terbaik tanah air berangkat untuk mengharumkan nama Indonesia. Mereka adalah Fandi Andika Ramadhani, Vinton Nolland Surawi, Rivaldo Tandra Pangesthio, dan Laurentius Steven Oei di kategori putra. Untuk tim putri berkekuatan, Raisa Aribatul Hamidah, Yuni Anggraeni, Natasha Debby Christaline dan Fanny Kalumata.

Sementara itu, di hari pertama Kejuaraan Dunia 3X3 (11 September 2016), tak banyak kejutan di kategori putri. Tim-tim unggulan 3X3 putri seperti Italia, Hungaria, Amerika Serikat, Australia, Argentina melaju mulus. Hanya Jepang yang terpuruk. Unggulan 11 itu tunduk dua kali dari Tiongkok Taipei (10-13) dan menyerah dari Amerika Serikat (12-21).

Sedangkan di kategori putra, unggulan pertama, Serbia menang telak atas lawan-lawannya. Mereka mengungguli Qatar 21-16 dan mengalahkan Rusia, 21-14. Serbia merupakan tim terkuat di 3X3 saat ini. Tim ini dihuni para pemain 3X3 peringkat satu sampai empat dunia: Dusan Domovic Bulut, Marko Savic, Marko Zdero, dan Dejan Majstorovic.

Tim Indonesia baru akan bertanding di hari kedua (12 September 2016). Tim putra akan menghadapi Andora pada pukul 18.50 WIB, dan melawan Slovenia pada pukul 20.40 WIB. Sedangkan untuk tim putri, pada pukul 17.50 WIB akan berhadapan dengan Polandia dan pertandingan berikutnya pada pukul 20.00 WIB melawan Belanda. Jadwal dan hasil pertandingan bisa dilihat di fiba.com, sedangkan untuk melihat langsung pertandingan bisa disaksikan di fiba.com atau di channel youtube.com/FIBA3X3.

Foto: fiba.com

Komentar