IBL

Laga penyisihan grup B antara tim putra Jawa Timur (Jatim) melawan tim putra Jawa Barat (Jabar) Jumat malam (23 September 2016) bagaikan partai puncak. Bagaimana tidak, kedua tim memang difavoritkan untuk meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Ditambah lagi, ribuan penonton memadati C-Tra Arena menjadikan suasana semakin memanas.

Jatim mengawali laga dengan baik, satu lay up dan dua tembakan tiga angka Katon Adjie Baskoro membuat mereka unggul 8-0. Namun Jabar segera menjawab lewat 2-point jump shot Christopher. Di kuarter pertama ini, Jatim berhasil melesat dengan skor 25-18.

Jabar menghentikan dominasi Jatim di kuarter kedua. Mereka berhasil meredam offense Jatim yang bermain di bawah ring. Berbeda dengan kuarter sebelumnya, kali ini dua tim benar-benar bertumpu pada barisan big man. Jatim memimpin 42-35 di paruh pertama.

Meski tak bisa menyusul, namun Jabar terus memberikan tekanan. Buruknya penyelesaian akhir jadi masalah besar untuk Jabar. Mereka harus menerima kekalahan dengan skor 70-77.

Pembeda pertandingan ini terlihat dari persentase field goals. Jatim mencatatkan akurasi 46 persen, ini termasuk delapan dari 15 tembakan tiga angka yang tepat sasaran. Sementara itu akurasi Jabar mencapai 33 persen. Paint area kedua tim sama kuat, Jatim 40 poin dan Jabar 38 poin. Namun ketika mendapatkan kesempatan tembakan bebas (free throw), Jabar kurang akurat. Jatim bukan tanpa cela, mereka ceroboh dengan melakukan 17 kali turnovers, sayangnya kesempatan ini tak banyak dimanfaatkan jadi poin oleh Jabar.

"Sayang akurasi kami kurang baik, dan lagi kesempatan open shot atau di bawah ring tidak berhasil karena terintimidasi big man lawan. Jadi big man lawan memberikan pressure yang cukup baik," ujar kepala pelatih Jabar, Ricky Gunawan.

Di laga ini, Katon Adjie Baskoro tampil impresif dengan mencetak 26 poin. Paling mencolok dari statistik Katon adalah tembakan tiga angka yang mencapai 75 persen (6-8). Sementara itu pemain dengan kontribusi besar lainnya yakni Laurentius Steven Oei. Ia membukukan 18 poin.

"Defense kami buruk sekali. Seharusnya setelah offense dengan baik, harus diikuti defense. Bila itu dilakukan, maka kami bisa memimpin jauh. Tapi kembali lagi defense yang harus dibenahi," kata Wellyanto Pribadi, kepala pelatih Jatim.

Kemenangan ini memastikan Jatim lolos ke delapan besar dengan predikat juara grup. Sedangkan Jabar harus bertarung habis-habisan melawan Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk mendapatkan tempat kedua di klasemen.

"Ini juga yang jadi perhatian kami, kami harus bermain lagi kurang dari 24 jam. Dan lawannya Kalsel. Jadwal di PON ini memang tidak bersahabat bagi kami," keluh Ricky Gunawan.

Hasil Pertandingan PON XIX/2016 Jawa Barat Jumat, 23 September 2016

Putra: 1. Kalsel Vs. Aceh, 76-52 2. Kaltim Vs. Sulsel, 68-60 3. Jatim Vs. Jabar, 77-70

Putri: 1. Sumut Vs. Kalsel, 56-41 2. Jabar Vs. Sulsel, 71-45 3. Sulut Vs. Papua, 39-74

Komentar