IBL

Perjalanan tim putra Jawa Timur (Jatim) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat tak menemui hambatan. Mereka kini tengah bersiap menghadapi laga final. Kepastian tersebut didapat pasca menumbangkan tim Jawa Tengah (Jateng) dengan skor 76-59, di GOR C-Tra Arena, Bandung, Selasa (27 September 2016).

Awalnya, ketakutan melanda tim Jatim, pasalnya mereka punya sejarah buruk bila bertemu Jateng di semifinal PON. Namun kekhawatiran tersebut tidak terbukti, bahkan Jatim tampil dominan di sepanjang laga. Semua lini dikuasai tim asuhan Wellyanto Pribadi tersebut.

Persentase field goals Jatim mencapai 42 persen, sedangkan Jateng hanya 29 persen. Sementara itu, Jatim juga menguasai rebound dengan total catatan 52 rebound di laga ini. Jatim perkasa di paint area lawan dengan membuat 46 persen point in the paint.

"Sebagai seorang pelatih, sebelumnya saya harus tetap optimis, tim saya mampu mengatasi mereka. Tapi memang Jatim bagus, mereka punya kedalaman roster dan juga size yang bagus. Kami kalah rebound, dan salah mengantisipasi Kristanto Halim (Kristian Lim) yang biasanya jarang membuat poin, kali ini ia dominan," ujar kepala pelatih Jateng, Efri Meldi.

Kristianto Halim tampil impresif dengan torehan 18 poin dan 12 rebound. Big man Jatim lainnya, Laurentius Steven Oei mencetak angka terbanyak dengan 20 poin. Lalu ada Katon Adji Baskoro yang menyumbang 15 poin.

"Saya rasa fisik pemain yang jadi sorotan utama kami jelang laga final. Saya yakin semua tim fisiknya mulai drop, karena mereka juga menghadapi laga berat di delapan besar dan semifinal. Siapa pun lawan kami di final nanti, saya tidak khawatir. Terpenting kami harus segera memikirkan, bagaimana cara untuk mengembalikan kebugaran pemain secepat mungkin," kata asisten pelatih tim Jatim, Wahyu Budi.

Tim Jatim pada PON tahun ini berpeluang mengukir sejarah. Sebab sudah lama Jatim tak mendapatkan medali emas dari cabang olahraga basket. Terakhir Jatim meraih medali emas basket, di PON XV/2000 Jawa Timur. Sebelumnya tim putra Jatim juga berhasil meraih emas PON XI/1985 di Jakarta.

Sementara itu, lawan tim Jatim di partai final nanti adalah tuan rumah Jawa Barat. Kedua tim sudah pernah bertemu di babak penyisihan. Saat itu Jatim menang 77-70.

Foto : Hari Purwanto

Komentar