IBL

Babak delapan besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat untuk cabang olahraga basket berlangsung Minggu, 25 September 2016. Delapan tim saling mengalahkan agar bisa melaju ke babak semifinal.

Di kategori putri, juara grup A, tim Jawa Tengah (Jateng) memastikan lolos ke semifinal lebih dulu setelah menundukkan tim Bali dengan skor 58-42. Kemenangan tim Jateng tak mudah didapatkan, lantaran tim Bali memberikan perlawanan sengit. Jual beli serangan membuat skor kedua tim tak terpaut jauh. Bahkan Bali sempat mendekat 33-34 di penghujung kuarter ketiga.

Lima menit kuarter keempat merupakan waktu penentu pertandingan ini. Jateng bisa unggul jauh melalui pergerakan Yuni Anggraeni dan Mariam Ulfah. Padahal di tiga kuarter sebelumnya, defense Bali bisa menghentikan Yuni. Namun pemain-pemain Bali terfokus pada Yuni, akhirnya Mariam Ulfah yang jadi pencetak angka Jateng di akhir-akhir laga.

"Menurut saya ada dua penyebab kekalahan kami," jelas kepala pelatih Bali, Risdianto Ruslan, seusai laga. "Pertama ada momentum yang rusak. Menurut saya merasa bahwa wasit sempat melakukan bad call yang membuat mental kami menurun. Ini membuat big man saya terkena foul trouble semua, akhirnya pemain gak berani jaga Yuni. Kedua, anak-anak fokus ke Yuni, akhirnya mereka jaga Mariam Ulfah. Kami tahunya Mariam itu shooter, tapi dia ternyata malah bisa masuk ke dalam paint area."

Sementara itu, kepala pelatih Jateng, Xaverius Wiwid menyebut bahwa pertandingan sangat menarik. Begitulah seharusnya pertandingan basket ketika memasuki fase-fase krusial. Namun, ia tentu bersyukur bisa melewati hadangan tim Bali.

"Saya sudah perkirakan sebelumnya, Bali akan mati-matian melawan kami. Tapi di menit-menit akhir, ketenangan anak-anak yang buat kami bisa mengatasi perlawanan Bali."

cristine-eldora-tjundawan

Di babak semifinal nanti, tim Jateng bersua tim Jawa Timur (Jatim). Kepastian ini didapat setelah tim Jatim berhasil menang 52-20 atas tim putri Sumatera Utara (Sumut).

Tim putri Jateng dan Jatim sejatinya sudah pernah bertemu di ajang Piala Walikota Surabaya 2016. Di turnamen tersebut, tim Jatim berhasil menang atas Jateng. Namun itu tak bisa dijadikan patokan hasil pertandingan di semifinal PON kali ini.

"Artinya pertandingan yang sudah kami lalui bisa kami jadikan pelajaran, kami pernah bertemu mereka, apa yang kurang saat melawan mereka akan kami benahi. Saat ini kondisi tim sudah bagus, semuanya baik. Kami akan pertaruhkan semuanya di babak semifinal nanti," ujar kepala pelatih Jatim, Hartono.

Hasil-hasil Pertandingan Delapan Besar Putri PON XIX, (25 September 2016)

1.Jateng Vs. Bali,58-42

2.Sumut Vs. Jatim,20-52

3.Papua Vs. Jabar,44-66

4.Sulsel Vs. DKI,38-67

Foto : Hari Purwanto

Komentar