IBL

Tim basket putra PON Jawa Timur (Jatim) sukses menundukkan tim basket putra PON Jawa Barat (Jabar), 77-64, dalam laga uji coba di GOR Pacific Surabaya, Kamis (18 Agustus 2016). Padahal sehari sebelumnya, tim Jabar mengalahkan CLS Knights Surabaya, 95-87.

Namun tim Jatim tak boleh puas diri setelah memenangi laga ini. Sebab tim Jabar patut diwaspadai. CLS Knights yang sekarang tak boleh dijadikan ukuran.

"CLS Knights itu tim bagus, tapi mereka sudah off beberapa waktu. Mereka juga berhenti berlatih sejak menjuarai IBL. Pemainnya gemuk-gemuk, jadi kalau Jabar menang lawan mereka itu wajar. Tapi kalau kita mengalahkan Jabar, itu juga tak boleh jadi penilaian," ungkap Asisten Manajer tim basket PON Jatim, Kuswandono.

Hal senada juga diungkapkan pelatih tim putra PON Jatim, Wellyanto Pribadi. Ia menyebut bahwa timnya masih jauh dari kata sempurna. Ini terlihat dari kuarter pertama laga uji coba melawan tim Jabar. Namun, di kuarter tiga dan empat, tim Jatim berhasil menguasai permainan.

"Memang menang, tapi masih banyak catatan. Anak-anak masih kurang konsisten. Kuarter pertama jaganya masih kurang," ujar coach Welly.

Namun, coach Welly cukup senang dengan perkembangan timnya. Pasca pemusatan latihan di Taiwan beberapa waktu lalu, timnya menunjukkan perkembangan yang baik. Utamanya dari mental bertanding.

"Di Taiwan kami dapat lawan-lawan yang berat. Tentu saja karena mereka tim profesional. Mental anak-anak sekarang lebih baik. Mereka lebih berani bertarung di lapangan ketimbang sebelumnya," lanjut coach Welly.

Menanggapi pertandingan, Welly menyatakan Jabar merupakan tim bagus. Mereka memang dikenal sebagai tim yang mengandalkan kerjasama. Jadi Jatim tetap harus waspada dengan lawan-lawannya di PON nanti.

"Jabar itu kerjasamanya bagus, sedangkan tim Jatim itu ibarat petarung jalanan. Mereka punya keberanian untuk bertarung di lapangan. Jadi saya masih harus memperbaiki kerjasama tim ini," imbuh pelatih basket Ubaya itu.

Tim Jatim saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Surabaya. Mereka akan bersama selama empat minggu kedepan. Selain itu mereka masih punya agenda uji coba di sekitar Surabaya.

"Masih banyak uji coba yang kami jadwalkan, seperti melawan CLS Knights dan Bimasakti Malang. Kami akan tetap melakukan uji coba hingga keberangkatan ke PON nanti," kata coach Welly.

Sementara itu, agenda uji coba di Jatim membuat tim Jabar senang. Sebab mereka bisa bertemu tim-tim kuat seperti CLS Knights dan Pacific Caesar serta tim PON Jatim sendiri.

"Jatim memang jadi tujuan terakhir kami sebelum PON, nantinya kami akan berada di Jakarta sebelum PON untuk sekedar mempersiapkan tim. Sebelumnya kami sudah berlatih di Filipina," kata pelatih tim putra PON Jabar, Ricky Gunawan.

Foto : Fariz Yarbo

Komentar