IBL

Turnamen basket antar SMP dan SMA se-eks Karedisdenan Kediri, Kelud Cup Basketball 2016 resmi bergulir. Sebanyak 42 tim bertanding di lapangan basket Merak, Wates, Kediri mulai 6 hingga 14 Agustus 2016 mendatang.

Kelud Cup memang baru pertama kali digelar. Even ini sekaligus menandai dibukanya lapangan basket yang baru saja di renovasi oleh pemiliknya. Meski terbilang baru, namun even ini cukup diminati. Mengingat kurangnya kompetisi basket di daerah bagian selatan Provinsi Jawa Timur tersebut.

Choirul Imam Nurhadi, selaku ketua panitia menuturkan, jumlah peserta kali ini melebihi ekspektasinya. Namun, pihaknya masih belum puas, mengingat even ini bersamaan dengan digelarnya Honda DBL East Java Series 2016 - South Region. Jadi beberapa sekolah lebih memilih untuk fokus di turnamen tersebut.

"Memang ada beberapa peserta yang memilih fokus mengikuti DBL, namun kedepan kami usahakan agar Kelud Cup tidak bertabrakan dengan even lain. Agar pesertanya semakin banyak," ujar pria yang akrab disapa Coach Jikun tersebut.

Penyelenggaraan tahun ini menjadi pembelajaran bagi panitia. Sebab mereka ingin, Kelud Cup bisa digelar tiap tahun. Harapannya bisa jadi turnamen alternatif bagi sekolah-sekolah khususnya di wilayah Kediri dan sekitarnya.

Lapangan basket Merak yang dipakai juga sudah disesuaikan dengan ukuran-ukuran yang ditetapkan FIBA. Bahkan untuk mendukung kejuaraan ini tetap berlangsung hingga malam hari, maka pemilik lapangan juga memasang penerangan yang cukup.

"Mungkin turnamen ini boleh dibilang sederhana. Tapi kami ini tetap berusaha sebaik-baiknya agar peserta merasa nyaman bertanding, dan penonton juga bisa menikmati pertandingan," ujarnya.

Untuk semakin memeriahkan gelaran ini. Panitia akan mendatangkan dua bintang basket tanah air. Mereka adalah point guard Aspac Jakarta, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan shooting guard Garuda Bandung, Daniet Timothy Wenas. Mereka akan datang pada Minggu, 14 Agustus 2016. Selain menyapa para fans, mereka juga akan bertanding dalam laga All-Star. Pemain-pemain All-Star akan dipilih dari tim yang berhasil menembus babak semifinal.

Komentar