IBL

 

Dua bulan berlalu sejak CLS Knights Surabaya sukses memboyong gelar juara Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Memasuki bulan Agustus, kejuaraan-kejuaraan atau liga-liga di berbagai negara pun berhenti karena fokus pada Olimpiade yang berlangsung di Rio De Janeiro, Brazil.

Kini, di Indonesia tim-tim tengah sibuk mempersiapkan diri menjelang musim yang baru.

Hal ini terlihat di akun media sosial masing-masing tim. Mereka sudah kembali menggelar latihan. Ada juga yang tengah mencari amunisi baru, dengan mencoba pemain-pemain muda jebolan liga universitas ataupun pembinaan internal.

Di tengah gencarnya persiapan beberapa tim, ada satu pertanyaan yang mulai gencar muncul.

"Kapan IBL musim depan akan bergulir?"

Jawaban atas pertanyaan tersebut masih samar. Sebagai penyelenggara liga, pihak Starting Five hingga saat ini masih belum mengeluarkan pengumuman apapun. Baik berkaitan dengan musim baru, maupun beberapa terobosan yang beberapa waktu lalu berhembus, semisal IBL Draft.

Pertanyaan yang sama dengan di atas, juga kami lontarkan ke beberapa petinggi klub kontestan IBL. Dalam hal ini, mereka-mereka yang duduk di dalam Dewan Komisaris IBL (para pemilik dan atau manajer tim-tim IBL). Jawabannya sama.

Hingga saat ini belum ada yang mengetahui dengan pasti, kapan IBL musim depan bergulir kembali. Dari beberapa anggota Dewan Komisaris IBL (yang kami hubungi), semuanya menjelaskan bahwa penyelenggara IBL ingin agar liga dimulai di bulan November atau Desember 2016. Namun tim-tim peserta belum sepenuhnya setuju karena masih menuntut pemenuhan atau pembenahan hal-hal fundamental dari musim sebelumnya yang belum tuntas benar.

Pada penyelenggaraan sebelumnya (IBL 2016), liga bergulir mulai bulan November 2015, yang diawali dengan turnamen pra-musim. Lalu musim reguler dimulai bulan Januari 2016 dan babak Playoff berlangsung di bulan Mei 2016.

Bila mengacu pada jadwal yang sama seperti musim lalu, maka jadwal serupa, khususnya playoff akan sulit dilakukan. Pasalnya, bulan Ramadan akan datang lebih cepat yakni sekitar bulan Mei 2017. Sementara itu, di bulan Agustus 2017, akan ada gelaran besar SEA Games yang berlangsung di Malaysia. Tentunya, tim nasional juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum gelaran tersebut.

Foto: IBL

Komentar