IBL

 

Basket tiga lawan tiga atau yang lebih familiar dengan 3x3 akan menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Jawa Barat, September mendatang. Cabang baru ini akan memperebutkan tiga medali emas, yakni kategori putra, putri dan mix three-point shout-out contest.

Jadwal dan tempat pertandingan sudah ditetapkan yakni tanggal 24 dan 25 September 2016. Sedangkan untuk lokasi turnamen terpusat di Bogor, Jawa Barat.

"Rencananya kita mau main di outdoor, yang jelas di Bogor. Kalau untuk pastinya akan kami umumkan nanti," ucap Kepala Sub Bidang 3x3 Perbasi, Anthony Gunawan.

Salah satu syarat agar sebuah cabang olahraga bisa dipertandingkan secara resmi di PON adalah menggelar eksibisi. Aturannya, eksibisi tersebut harus diikuti oleh minimal delapan provinsi. Hingga saat ini, cabor 3x3 sudah memenuhi persyaratan tersebut.

"Kami membuka pendaftaran seluas-luasnya. Kami juga tidak ada Pra-PON. Sejauh ini sudah ada 10 provinsi untuk putra dan delapan provinsi untuk kategori putri," lanjut Anthony. "Bila ada daerah yang ingin mendaftar, silahkan menghubungi PP Perbasi melalui email Perbasi atau di 3x3 Indonesia. Pendaftaran masih kami buka hingga 29 Agustus 2016 mendatang."

Cabang 3x3 kali ini memberlakukan batasan usia. Peserta yang diperbolehkan mendaftar adalah yang punya tahun kelahiran 1996 hingga 2000. Ini karena, pihak Perbasi ingin ada sinkronisasi antara beberapa program ke depan seperti Asian Games, Youth Olimpic Games dan beberapa kejuaraan internasional lainnya. Sehingga kejuaraan eksibisi ini sekaligus untuk menjaring atlet guna persiapan kejuaraan-kejuaraan tersebut.

Menariknya, banyak tim yang mendaftar berasal dari luar pulau Jawa. Seperti Jambi, Maluku, dan Lampung. Mereka ternyata cukup antusias dengan cabang olahraga ini.

"Saya cukup terkejut dengan daerah-daerah. Ternyata mereka antusias luar biasa. Mereka bahkan akan hadir jauh-jauh hari sebelum kejuaraan. Sebab mereka ingin uji tanding dulu," ungkap Anthony.

Sekadar informasi, bila sukses menggelar turnamen eksibisi, maka di PON XX/2020 di Papua, 3x3 akan jadi cabang resmi. Saat itu, medali yang didapat bisa masuk dalam hitungan perolehan medali PON. Sementara itu untuk nomor mix three-point shout-out contest merupakan kontes tembakan tiga angka yang pesertanya gabungan antara putra dan putri. Setiap daerah akan mewakilkan satu pemain dari empat anggota tim. Mereka akan beradu tembakan tiga angka. Tiga terbaik akan mendapatkan medali emas, perak dan perunggu.

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar