IBL

Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat bulan September mendatang. Tim basket Jawa Timur menggelar Training Camp (TC) di luar negeri. Kali ini mereka berlatih sekaligus menjalani laga uji coba di Taipei, Taiwan.

Lawan pertama yang dihadapi tim basket putra PON Jatim adalah Dacian Tigers, Selasa (26 Juli 2016). Tigers, merupakan salah satu kontestan Super Basketball League (SBL) Taiwan, yang cukup tangguh. Hasilnya tim putra harus tunduk dengan skor telak, 50-104.

Tim putra Jatim awalnya mampu mengimbangi, namun pengalaman pemain Dacian Tigers mampu membalik keadaan. Tembakan tiga angka Dacian Tigers juga jadi salah satu pembeda. Ditambah lagi, Jatim banyak melakukan turnovers yang dimanfaatkan lawan untuk mendulang angka.

"Bila tim ini bisa memperbaiki masalah transisi, saya yakin tim Jatim akan menjadi tim yang luar biasa," ujar pelatih Dacian Tiger, Jack Chiou, yang menganggap bahwa tim Jatim lemah dalam transisi defense ke offense maupun sebaliknya.

tim putri PON Jatim

Sementara itu, tim putri Jatim menghadapi tim putri National Taipei University. Hasilnya, Jatim kalah dengan skor 69-86.

Kekalahan ini sangat wajar, mengingat tim putri Jatim lengah di akhir pertandingan. Meski mampu mengimbangi di sepanjang laga, namun lawan bisa menjauh dengan jarak 17 poin di kuarter akhir.

Kekalahan dianggap sebagai sesuatu yang positif bagi duet pelatih Wellyanto Pribadi (tim putra) dan Hartono (tim putri). Mereka bisa terus mengevaluasi kekurangan tim, sebagai salah satu cara mematangkan persiapan sebelum PON Jabar. Lawan di Taiwan yang kuat menjadi salah satu tantangan bagi mereka untuk bisa tampil lebih baik.

Foto : Vincent Ngai

Komentar