IBL

 

Tidak ada satupun tim yang mampu menutup laga dengan skor maksimal (21 poin) menunjukkan betapa serunya pertandingan hari pertama L-Men 3x3 Competition Indonesia Tour 2016.

Dalam laga basket 3x3, pertandingan berjalan selama 10 menit. Tim dengan skor poin terbanyak di akhir laga adalah pemenangnya.

Namun selain itu, bila ada satu tim yang mampu lebih dulu mencetak 21 poin meskipun laga belum berakhir, maka mereka juga akan dianggap keluar sebagai pemenang.

Tercapainya angka 21 poin sebelum waktu laga berakhir bisa berarti tim yang berlaga memiliki kekuatan yang timpang. Atau di sisi lain, bila kekuatan keduanya sama kuat, maka laga berjalan cepat dengan akurasi tembakan yang terbilang tinggi.

Dari 32 laga yang digelar pada hari Jumat, 15 Juli kemarin, hanya enam pertandingan saja yang ditutup dengan skor poin pemenang mencapai angka 15 atau lebih. Poin tertinggi hanya 18, yaitu 18-06 saat Bandung A mengalahkan Malang dan 18-10 ketika Advanced mengalahkan Makassar. Keduanya adalah pertandingan perempat final kategori U33 Open Men.

Ketatnya laga-laga juga tergambar dari rata-rata selisih poin antara tim pemenang dan yang kalah. Dari 32 laga, rata-rata selisih skor adalah 4,84 poin. Lima laga berakhir dengan selisih satu angka dan tujuh laga berakhir dengan selisih hanya dua poin.

Empat tim dari masing-masing kategori (U18 dan U33) akhirnya lolos ke babak semifinal. Di kategori U18, tim dari Pekanbaru, Gain Mass (Peserta Wild Card), Jakarta A dan Malang lolos ke babak semifinal. Sementara di kelompok U33 Open Men, Jakarta B, Platinum dan Advanced (Peserta Wild Card), serta Bandung A melaju ke semifinal.

Hari ini, 16 Juli, delapan tim dalam kategori pemain profesional akan berlaga. Delapan tim akan berkompetisi dengan materi pemain-pemain IBL yang berlaga di musim 2016 lalu.

Pada babak selanjutnya, empat tim terbaik dari kategori pemain profesional, ditambah dua tim baru bentukan panitia dari materi pemain tim-tim yang kalah akan beradu dengan dua tim terbaik U33. Pemenangnya akan menjadi wakil Indonesia di FIBA 3x3 World Tour Tokyo Series 2016 yang akan berlangsung akhir Juli nanti.

Foto: L-Men 3x3

Komentar