IBL

Tim Indonesia gugur di fase grup di ajang Asian University 3X3 Basketball Championship 2016 yang berlangsung di Macau, Tiongkok, 19 hingga 24 Juli 2016. Berada di grup A, Indonesia hanya mampu menempati urutan ketiga. Karena setiap grup hanya diambil dua tim terbaik yang bisa melaju ke babak berikutnya.

Tim Indonesia yang diwakili oleh Universitas Pelita Harapan (UPH), berkekuatan Yefanus Rendika, Erick Gosal, Christian Gunawan dan Rivaldo Pangesthio. Indonesia berada di grup A bersama Filipina, Sri Langka, Tiongkok, Korea Selatan dan tuan rumah Macau.

Indonesia sukses menundukkan tuan rumah Makau dengan skor 21-20 di pertandingan pertama, 20 Juli 2016. Namun di pertandingan kedua mereka kalah dari Tiongkok, 12-21.

Hari berikutnya, Indonesia menyerah dari Korea Selatan 17-19. Tapi kesedihan terobati ketika berhasil menundukkan Sri Langka dengan skor 16-10.

Jumat, 22 Juli 2016 menjadi hari penentu bagi Yefanus Rendika dan kawan-kawan. Mereka menghadapi Filipina yang dikenal sebagai penguasa basket Asia Tenggara. Kejutan terjadi di pertandingan ini, Indonesia sukses mengalahkan Filipina dengan skor 21-16.

Namun dengan bekal tiga kali menang dan dua kali menelan kekalahan, tak mampu menyelamatkan Indonesia. Mereka harus puas di peringkat ketiga dan tidak lolos ke babak berikutnya.

Foto : Cesar Wilhelem

Komentar