IBL

Tim 3X3 Indonesia baik putra dan putri hanya mampu menembus babak delapan besar pada ajang FIBA 3X3 U18 Asian Championships yang berlangsung di Selangor, Malaysia (22-24 Juli 2016).

Tim putra Indonesia digawangi oleh Erlan Perkasa, Kevin Michael Sidharta, Ramdhan Yudha Yuwana dan Arion Tio Pandapotan. Mereka sukses memetik dua kemenangan di babak penyisihan grup. Indonesia menang 21-17 atas Kyrgyzstan dan mengalahkan Sri Langka, 21-11. Sedangkan hasil buruk diterima Indonesia saat bertemu Singapura (14-21) dan kalah dari Malaysia, 17-21.

Erlan dan rekan melaju ke babak delapan besar dan langsung dihadapkan pada lawan tangguh, Filipina. Mereka harus tunduk dengan skor 16-21 di babak ini. Sedangkan, juara putra tahun ini direbut oleh Qatar. Mereka mengalahkan Filipina dengan skor 21-9.

AOlb0qmZzUyWll2orWZTNg

Di sektor putri, Indonesia hanya mampu menembus babak delapan besar. Yusranie Noor Assipalma, Yoveta Tifali Paguno, Tasha Liawati Sanjaya dan Leonita Angela Suwato harus berjuang keras di babak penyisihan grup.

Mereka bisa lolos penyisihan setelah memenangi laga melawan Qatar, 10-4. Namun di tiga pertandingan lain, Indonesia kalah. Yakni, melawan Kazakhstan (7-10), Malaysia (5-13), dan Singapura (13-14). Di babak delapan besar, Indonesia kalah 5-13 dari Jepang.

Menurut pelatih 3X3 Indonesia, Anthony Gunawan, capaian tim putra memang kurang. Seharusnya mereka bisa sampai ke empat besar. Namun bertemu Filipina di delapan besar, memang menjadi hambatan besar untuk mencapai target itu.

"Kalau lancar harusnya memang bisa capai empat besar. Sebab lawan yang paling berat untuk putra itu Qatar. Mereka juara tahun lalu, dan pemainnya juga punya size yang bagus. Paling pendek 1,98 meter, sisanya di atas dua meter," kata Anthony. "Kalau untuk putri, ini sudah baik. Sebab kekuatan mereka belum ketahuan, just play n enjoy the game saja."

Foto : FIBA.com

Komentar