IBL

Raja basket Spanyol dan Eropa, Real Madrid kembali keluar sebagai juara Liga ACB atau Liga Endesa. Real Madrid mengalahkan seteru utamanya, Barcelona 3-1.

Liga ACB atau Liga Endesa adalah liga basket tertinggi di Spanyol. Liga ini bergulir sejak 1957 dengan nama Liga Nacional. Real Madrid merupakan tim yang paling sering meraih gelar juara.

Sepanjang sejarah liga bola basket Spanyol, Real Madrid telah meraih gelar juara sebanyak 33 kali. Pesaing terdekatnya, seperti halnya di sepak bola adalah Barcelona. Barcelona sudah mengumpulkan total 18 gelar.

Kepastian juara Real Madrid di musim kompetisi 2015-2016 terjadi hari ini (22 Juni waktu Spanyol). Real Madrid mengalahkan Barcelona di Game 4 dengan kedudukan 91-84. Point guard Sergio Llull menyabet gelar MVP setelah mencetak 21 poin di Game 4.

Dengan gelar ke-33-nya, Real Madrid mengukuhkan dominasi di Spanyol. Selain itu, di liga Eropa alias Euroleague Basketball, Real Madrid juga merupakan tim yang paling sering meraih gelar juara.

Real Madrid sudah pernah juara sebanyak sembilan kali. Terbanyak kedua adalah CSKA Moscow yang juga baru saja menjadi juara Euroleague 2016 dan juara Liga VTB United alias liga bola basket negara-negara Eropa Timur dan Utara.

Cerita lengkap tentang kehebatan Real Madrid dan keseruan Liga Basket Eropa Euroleague bisa dilihat lebih lengkap di majalah Mainbasket edisi Juni 2016.

Foto: Real Madrid Basketball

Komentar