IBL

Tahun ketiga penyelenggaraan turnamen basket Piala Walikota Surabaya terasa istimewa. Sebab akan banyak kegembiraan, nostalgia dan juga yang paling ditunggu adalah perang bintang basket Indonesia. Turnamen akbar ini berlangsung pada 28 Mei hingga 5 Juni 2016 di GOR Pacific Surabaya.

"Piala Walikota 2016 akan berisi kurang lebih 49 pemain profesional yang masih aktif di liga nasional, 10 pemain yang sudah pensiun dari pro dan lima pemain asing," ujar Ragil Al Rasyid, Ketua Panitia Piala Walikota 2016, saat konferensi pers, Jumat (27 Mei 2016).

Turnamen yang bertujuan memeringati hari jadi Kota Pahlawan itu dimeriahkan 12 tim putra dan 6 tim putri. Rinciannya, untuk putra ada 10 tim divisi I Surabaya, yakni Familia, Ballerz Basketball, POR Mahameru, Mawar Sharon Eagles, Mutual Prima Global Indonesia (MPGI) Basketball, PBB Pacific Caesar, Papas Basketball Club, Cahaya Lestari Surabaya (CLS), LT Men Go Skate, LH Xtreme. Selain itu ada dua tim tambahan dari PON Jatim putra dan PON Jateng putra. Mereka akan dibagi menjadi tiga grup di babak pertama, dan nantinya akan diambil juara grup dan runner-up terbaik untuk babak berikutnya.

Sedangkan di sektor putri, enam tim akan menjalani pertandingan dengan sistem round robin. Yakni, Wiramuda, Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Kristen Petra (UK Petra), Universitas Surabaya (UBAYA), dan tim PON Jatim putri serta tim PON Jateng putri.

Tak hanya kegembiraan yang disajikan, melainkan juga perang bintang. Dengan pemain-pemain pro yang tersebar di masing-masing tim, tentu akan semakin membuat setiap laga menarik untuk disaksikan. Seperti Fandi Andika Ramadhani, Mario Gerungan, Fadlan Minallah, Andrie Ekayana, Oki Wira Sanjaya, Firman Dwi Nugroho, Respati Ragil Pamungkas, Surliyadin, Amin Prihantono, Adhi Pratama, Raimond Shariputa, Mei Joni, dan masih banyak lagi bintang-bintang basket tanah air.

Selain itu juga dimeriahkan oleh para mantan-mantan pemain pro, seperti Christ Gideon, I Made "Lolik" Sudiadnyana, Deny Sartika, Dimaz Muharri, dan lain-lain. Terselip pula nama Anthony Wayne Cates Jr., pemain naturalisasi dari Pelita Jaya EMP Jakarta, dan beberapa ekspatriat lainnya.

Beberapa tim bahkan menggabungkan pemain senior dan junior, seperti duet Adhi dan Lolik di Papas Basketball. Mereka akan didukung Fadlan Minallah, Mei Joni dan Amin Prihantono. Penampilan atraktif juga akan disuguhkan oleh tim Mawar Sharon Eagles. Bagaimana tidak, nama-nama di rosternya sangat akrab di telinga kita. Yakni Firman Dwi Nugroho, Respati Ragil Pamungkas, Surliyadin, Untung Maryono dan mantan point guard CLS Knights Surabaya, Dimaz Muharri.

"Saya menghadapi mereka senang aja, nostalgia bisa lawan mereka (pemain senior atau mantan pemain pro) lagi," ujar Oki Wira Sanjaya.

"Kalau saya dulu masih nonton saat mantan pemain pro berlaga, saat ini saya bisa dapat kesempatan berhadapan dengan mereka. Senang sekali rasanya," sambut Andakara Prastawa Dyaksa. "Ada juga Ius (Xaverius Prawiro) yang saat ini beda tim, saya harap bisa bermain melawan dia. Yang pasti have fun aja di turnamen ini."

Untuk menikmati aksi-aksi para bintang basket nasional dan bernostalgia dengan mantan pemain profesional, panitia tidak memungut biaya alias gratis. Para penggemar basket di Surabaya tampaknya akan menjadi saksi keseruan turnamen Piala Walikota Surabaya 2016.

Foto : Rizki Puji Nur Wahyudi

Komentar